Kamis, 25 November 2010

PRODUCTION PLANNING AND INVENTORY CONTROL (Pasti Jalan)

PRODUCTION PLANNING AND INVENTORY CONTROL



Hotel Grand Preanger, Bandung | Kamis – Jum’at, 16 - 17 Desember 2010 | 08.30-16.30 | Rp 3.000.000






Industri manufaktur  sangat  bergantung secara signifikan terhadap kegiatan produksinya. Produksi yang terencana dengan baik akan memungkinkan perusahaan untuk mampu menghasilkan produk yang diinginkan konsumen secara efektif dan efisien.
Kegiatan perencanaan produksi umumnya terangkum dalam fungsi PPIC (Production Planning and Inventory Control) yang akan merencanakan dan mengelola kegiatan produksi mulai dari peramalan terhadap permintaan mendatang, penyusunan jadwal produksi, konfirmasi terhadap ketersediaan kapasitas di perusahaan, pengelolaan komponen yang dibeli dari pihak luar, sampai pada pengelolaan komponen yang diproduksi sendiri.



Metode pelatihan yang diberikan pada public training ini berupa Metode Belajar Aktif (Participatory Learning) dengan menekankan pembentukan kerangka berpikir (frame work) yang sistematis dengan menonjolkan berbagai contoh, ilustrasi dan kasus. Proses simulasi diarahkan untuk meningkatkan pemahaman praktis secara komprehensif. Sementara metode diskusi di maksudkan untuk mengelaborasi permasalahan aktual tentang PPIC.






TUJUAN PELATIHAN :
1. Peserta mampu memahami konsep dan ruang lingkup fungsi PPIC.
2. Peserta mampu memahami  pengetahuan  dan  berbagai kegiatan yang berkaitan    dengan  PPIC.
3. Perserta mampu menguasai teknis dari berbagai kegiatan PPIC  dengan           menggunakan software WinQSB.
4. Peserta mampu memahami konsep dan mengimpelementasikan teknik pengendalian    kegiatan produksi.






TOPIK BAHASAN :




  1. Introduction of PPIC.

  2. Peramalan permintaan mendatang (forecasting).

  3. Penyusunan jadwal produksi (aggregate planning dan master production          schedule).

  4. Pengelolaan persediaan komponen yang dibeli.

  5. Penyusunan rough cut capacity planning.

  6. Penyusunan material requirements planning.

  7. Penyusunan capacity requirements planning.

  8. Konsep dan teknik pengendalian kegiatan produksi.

  9. Pemanfaatan Software dalam PPIC





TEMPAT DAN WAKTU:
Hotel Grand Preanger
Jl. Asia Afrika No. 81 Bandung
Kamis – Jum’at, 16 - 17 Desember 2010
(08.30-16.30)



INVESTASI  :




  • Rp 3.000.000,-

  • Gratis : 1 peserta (ke-4)  untuk pendaftaran 3 peserta dari 1 perusahaan

  • Materi hardcopy & softcopy, makan  siang, 2x rehat kopi, sertifikat






MANAJEMEN PERALATAN LABORATORIUM & EVALUASI PERFORMA ALAT UKUR (Pasti Jalan)

MANAJEMEN PERALATAN LABORATORIUM & EVALUASI PERFORMA ALAT UKUR



Hotel Grand Preanger, Bandung | Jum’at - Sabtu, 3 – 4 Desember 2010 | 08.30-16.30 WIB | Rp 2.500.000



 



Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan & pemahaman tentang Tata Pengelolaan peralatan di Laboratorium dan sistem pemantauan kinerja alat ukurnya, guna mendukung implementasi system mutunya.



Peserta akan mengerti tentang apa dan bagaimana kegiatan mengelola peralatan laboratorium agar dapat dimonitoring dan dipelihara kondisi/ performanya secara terencana dan terprogram serta tertib/ lengkap dokumentasinya, sebagai bagian dari Sistem Manajemen Mutu laboratorium.



 



TOPIK BAHASAN :




  1. Pengantar umum dalam GLP

  2. Klasifikasi peralatan Laboratorium

  3. Hirarki sistem Pengukuran & Traceability

  4. Akurasi dan Presisi alat ukur

  5. Sistem penyediaan peralatan Lab yang efektif

  6. Perawatan peralatan dan Kalibrasi

  7. Inspeksi, Pelaporan, dan Dokumentasi alat ukur



 



METODA:




  1. Presentasi & Tanya jawab

  2. Pembahasan Studi Kasus



 



 



TEMPAT dan WAKTU:
Hotel Grand Preanger
Jl. Asia Afrika No 81 Bandung
Jum’at - Sabtu, 3 – 4 Desember 2010
(08.30-16.30)



INVESTASI  :




  • Rp 2.500.000

  • (materi, makan  siang, 2x rehat kopi , sertifikat)

  • Gratis : 1 peserta (ke-4)  untuk pendaftaran 3 peserta dari 1 perusahaan



 



Rabu, 24 November 2010

Certified Tower Climbing Program: Comprehensive Theory & Practice - Bersertifikat Depnakertrans (PASTI JALAN)

Certified Tower Climbing Program: Comprehensive Theory & Practice



Sempur Park Hotel Bogor  | December 20-24, 2010 at | Rp. 8.750.000,-,-per participant



 



SASARAN



Setelah menyelesaikan kursus, Peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas memanjat Tower dengan baik dan benar, untuk keperluan pemeliharaan Tower dan memasang peralatan telekomunikasi pada puncak Tower secara baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku.



 



MODUL PELATIHAN




  1. Pengetahuan tentang bagian-bagian Tower




    • Bagian-bagian umum dari tower


    • Cara memanjat tower dari sudut diagonal


    • Istirahat di atas Tower sebelum memakai safety


    • Bekerja di atas Tower


    • Menyesuaikan diri di atas Tower (Adaptasi)




  2. Pengetahuan tentang tali-temali




    • Simpul atau Tali Laso


    • Simpul Bergerak


    • Simpul Tarik


    • Simpul Pangkal


    • Simpul Clove Hitch


    • Simpul Reef Knot


    • Simpul Sheet Rend




  3. Pole Top and Rescue




    • (Metoda penanganan kasus kecelakaan Petugas di atas Tower disaat melaksanakan pekerjaan)




  4. Praktek Tower Climbing Safety




    • Persiapan Praktek


    • Langkah-langkah Pelaksanaan Praktek Memanjat Tower


    • Memasang dan melepas Antena




  5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja




    • Pengertian Keselamatan Kerja


    • Pengertian Kesehatan Kerja


    • Potensi Bahaya dan Cara Menanggulanginya




  6. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)




    • Pendahuluan


    • Tujuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)


    • Dasar Hukum


    • Kondisi-kondisi Finologis Manusia


    • Peralatan dan Obat pada P3K


    • Kasus-kasus P3K






 



METODA PENGAJARAN




  • Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Praktek Lapangan




 



CALON PESERTA




  • Petugas / karyawan yang akan ditempatkan pada pekerjaan dengan tugas utama memanjat tower

  • Sehat Jasmani dan Rohani (sesuai keterangan dari dokter)

  • Tenaga profesional yang ingin mendambah pengalamannya dibidang Climbing





 



FASILITATORS



Tim Trainer Depnakertrans dan Praktisi berpengalaman anggota Asosiasi Rope Access Indonesia - A R A I






General Information



Certificate of Appreciation



All attendees will receive a certificate of appreciation attesting to their participant in the training. This certificate will be providing in exchange for a completed training questionnaire.




  • Penyelenggara Training  mendapatkan sertifikat sebagai penyelenggara training safety termasuk bekerja di ketinggian, dari Depnakertrans

  • Sertifikat training langsung dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi

  • Setiap Peserta mendapat kartu Bekerja di Ketinggian dengan Akses Tali






Documentation & Dress Code




  • Quality training material kits will be on registration, additional papers, & handouts assignment by Our partner.

  • Note-taking by participants is encourage. However, to ensure free and open discussions, no formal records will be kept.

  • Casual clothing is recommended. The training atmosphere is informal.








Facilities




  • Quality training material (hardcopy and softcopy)

  • Quality training kits included calculator, T-shirt or jacket, cap, ect.

  • Interactive presentation with discussion

  • Morning and afternoon coffee / tea breaks for along the training and lunch

  • Certificate of Completion

  • Exclusive flash disk.






Selasa, 23 November 2010

OIL & GAS OPERATION (Pasti Jalan)

OIL & GAS  OPERATION
Bandung |  9 – 11 December 2010 |  Rp. 5.000.000,-/participant






AIM
The overall aim of the program is to make the participants understand the various aspects Oil & Gas Industries and will be able to improve delegates’ knowledge of:




  • Understand Oil & Gas Operation from Exploration until Production

  • Better Performing of their Job

  • Having better coordination with other  Department/Function

  • The origins of oil and gas

  • The process of exploring for hydrocarbons

  • How governments control the exploitation  of hydrocarbons

  • The terminology and language of the business

  • The process of drilling for oil and gas.

  • The process of producing petroleum



TARGET PARTICIPANT




  • Finance personnel

  • Human resource professionals

  • Information systems specialists

  • Secretaries, administrative and technical support staff,

  • New Hire Engineer & Managers,

  • HR personnel,

  • Procurement / Logistic  personnel,

  • Staff and Senior staff at all business functions



COURSE CONTENT




  • The Origins of Oil & Gas

    • The formation of petroleum

    • Different kinds of reservoirs

    • Reservoir characteristics



  • World Energy Demand & Supply

    • Petroleum reserves

    • Classification of reserves



  • Products from Petroleum

    • Refining

    • Petrochemicals

    • Hydrocarbon pricing



  • Control of Petroleum Exploitation

    • Ownership of reserves

    • The control and award of petroleum concessions

    • Unitisation

    • Production Sharing Agreements



  • The Reservoir Life Cycle

    • Exploration

    • Appraisal

    • Development

    • Production

    • Abandonment



  • Petroleum Economics

    • How exploration, appraisal and development decisions are made



  • Drilling

    • Drilling a well

    • Drilling time depth/cost curve

    • Drilling equipment

    • The mud system

    • Casing and tubing

    • Cementing

    • Directional drilling

    • Side-tracking

    • Dual completions

    • Multilateral and horizontal wells



  • Production

    • Reservoir drive mechanisms

    • Artificial lift systems

    • Well treatment and work over - fracturing, sand control, acidizing

    • Surface treatment - separation, compression

    • Storage and transportation



  • Maintenance Activities

    • Different kinds of maintenance - reliability, condition based, planned, breakdown



  • Logistics

    • Materials management and warehousing

    • Air and marine transportation



  • Crude Storage

    • On Shore & Off Shore



  • Finance

  • Support Function






TRAINER
Ir. M Mansyur

Mohammad Mansur, has 11 years experience as consultant and training instructor in various oil and gas companies area. Mansur has Sarjana Degree of Petroleum Engineering ITB – Bandung.  He spent 30 years at PT. Stanvac Indonesia (PTSI) as Production Engineering Supervisor, and 3 years as VP/Sr. Manager of Technical Division at PT. Ustraindo Petrogas and 10 years as a Lecturer of Petroleum Engineering Department at Trisakti University. Some clients that have been served by Mansur are Expan, Vico, Kondur, Total Fina-Elf, Premier Oil Natuna Sea, Caltex-Indonesia, Pertamina,  Kodeco, Conocco Phillips, Unocal, Medco EPI, etc.  His experiences in consulting about Comprehensive IDP program for  staff & Managerial positions and TNSA for Vico, Training Need Survey (Skill gap Analysis) for Premier Oil, Developing Training  Matrix for Perusahaan Gas Negara (PGN), developing training matrix for PT. A.S.E.I, Job description & Organization Structuring  for PT. Dos Ni Roha, Job Description & Evaluation for Staff and Managerial Positions for EMP Kangean Ltd., EMP Kalila Ltd. and  Geo Energy Ltd. From 2002 – now Mansur as Class mentor for Graduate Engineering Trainee (GET) programs, for PT. Medco E&P Indonesia in Jakarta and oil & gas fields.






SCHEDULE
9 – 11 December 2010
Start 8.00 am - 16.00 pm






LOCATION
Bandung






INVESTMENT
Rp. 5.000.000,-/peserta
INVESTASI TIDAK TERMASUK BIAYA AKOMODASI PESERTA






Minggu, 21 November 2010

ENGINEERING MATERIAL SELECTION (Pasti Jalan)

ENGINEERING MATERIAL SELECTION



Hotel Golden Flower Bandung | 1 – 4 December 2010 | Rp 7.250.000/person



 



TRAINING INTRODUCTION AND OBJECTIVES :
It is the responsibility of the end users to select the right materials for the right purpose. However, there are huge varieties of engineering materials that have been manufactured by so many mill-shops. Every material as well as manufacturer offers advantages of their materials with regards to mechanical & physical properties, corrosion resistance, and even offering a very good technological performance. Failure to select proper materials will shorten their lifetime and in turn will reduce the company profits due to lost of equipment and or valuable production time.
The course is intended to provide know-how in dealing with materials selection from huge varieties of materials available in the market. This 5-days course offers participants to understand the map of engineering materials availability, understand the material properties, to characterize materials, to understand concept of selecting engineering materials suitable for typical loading and atmosphere conditions. The course will also discuss about the available international standard for engineering materials.
There will be a special session for actual practice in the laboratory. The participants will have a chance to physically carry out some mechanical testing in the laboratory, to do material analysis by means of optical as well as electron microscopy, reviewing material standards applicable for oil and gas industries, fertilizer, petrochemical industries, steel industries, automotive and transportation industries.



 



TRAINING MATERIAL OUTLINE :



1.    The Map of Engineering Material Classification Related to Their Services




  • a.    Base on its function on: stationary equipment; rotating equipment; piping and tubing

  • b.    Base on their service conditions against:



. Mechanical loads: static; dynamic; and impact loads
. Service temperature: high; near room; cryogenic temperature
. Degree of corrosiveness: CO2; H2S; H2SO4; Halides



2.    Basic Theory of Engineering Materials Related to Their Applications




  • a.    Effect of chemical composition

  • b.    Phase diagrams and phase transformation

  • c.    Mechanical & heat treatment and their effect on material properties

  • d.    Micro structure analysis



3.    Material Properties and Their Significant Use In Service




  • a.    Mechanical properties: tensile strength; yield strength; fatigue strength; rupture strength; elongation; hardness; toughness; wear & abrasive resistance

  • b.    Physical properties: thermal & electrical properties; specific heat; melting point

  • c.    Chemical properties: corrosion resistance

  • d.    Technological properties: weld ability; cast ability; formability; machine-ability



4.    Common Engineering Materials Used in Industries




  • a.    Iron and carbon steel

  • b.    Low and high alloy steel

  • c.    Cast iron

  • d.    Copper and its alloy

  • e.    Aluminum and its alloy

  • f.    Nickel and its alloy

  • g.    Titanium and its alloy

  • h.    Cobalt and its alloy



5.    The Important of Material and Component Standards; ASTM; ASME; SAE; API; UNS; JIS; DIN



6.    The Concept of Material Selection Base On:




  • a.    Strength for static; dynamic; and impact loading

  • b.    Rigidity

  • c.    Service temperature

  • d.    Degree of Corrosiveness of the atmosphere

  • e.    Abrasive conditions



7.    Production Processes of Some Raw Products




  • a.    Piping and tubing

  • b.    Plates

  • c.    Fittings

  • d.    Bolts

  • e.    Profiles



8.    Case Study of Some Material Selections in




  • a.    Oil and Gas industries

  • b.    Fertilizer and Petro-Chemical industries

  • c.    Mining industries

  • d.    Automotive and Transportation industries



9.    Trip to laboratory to practice mechanical testing and materials analysis



 



TRAINING INSTRUCTOR



DR. Ir. Husaini Ardy
DR. Ir. Husaini Ardy  is a lecturer at Mechanical Engineering ITB. He received his bachelor degree in 1984 and Master degree in 1987 degree from Mechanical Engineering of ITB. He continued to study in the field of Material Engineering at Illinois Institute of Technology, Chicago, USA, in 1994 he completed his Ph.D. degree. He has been involving in material selections and mechanical component failure analysis for the industries in Indonesia.
DR. Husaini regularly conduct seminars for the industries for both public and in-house in Indonesia. In a team, he has successfully handled the following projects:
1.    Failure analysis some engineering components at oil and gas companies (TOTALFINA-ELF, BP-ARCO, VICO, CPI, CONOCO, KONDUR, ARUN NGL, EXXONMOBIL); fertilizer companies (PUSRI, KUJANG, PKT); petrochemical companies (PETROGRES); automotive and transportation companies (PTKAI, FEDERAL, GARUDA Airline, Merpati Nusantara Airline).
2.    Material selections for line pipe, flow lines, and down hole tubing in some oil and gas companies
3.    Materials verification, testing and assessment in Mobil Oil and ARCO.
4.    Materials failure analysis and assessment for CONOCO.
5.    Corrosion mitigation for gas industries.



 



VENUE :



Hotel Golden Flower Bandung



TRAINING DURATION :



4 days



TRAINING TIME  :



1 – 4 December 2010



 



INVESTATION PRICE/PERSON :
1.    Rp 7.250.000/person (full fare)  or
2.    Rp 7.000.000/person (early bird, payment before 24 November 2010) or
3.    Rp 6.750.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)



 



FACILITIES FOR PARTICIPANTS:




  1. Training Module

  2. Training CD contains training material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. Jacket or waistcoat or T-Shirt

  6. Bag or backpackers

  7. Training Photo

  8. Training room with full AC facilities and multimedia

  9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)



 



PETROLEUM PLANT & PIPELINE SECURITY MANAGEMENT (Pasti Jalan)

PETROLEUM PLANT & PIPELINE SECURITY MANAGEMENT



Hotel Grand Seriti Boutique Bandung | 27 – 29 December 2010 | Rp 6.500.000/person (Pasti Jalan)



 



TRAINING INTRODUCTION :
As energy transportation facility, pipelines are very vulnerable to intrusion, vandalism, sabotage and terrorist attack. The pipeline along ROW may be damaged with explosives or by other mechanical means causing flows to disrupt resulting in a release of pipeline flammable contents. On the other hand, computer control systems or SCADA could also be cyber-attacked by intruders leading to significant flow disruption. Since pipelines supply fuel for industry, transportation, power plants, manufactures, and other commercial uses, serious disruption of a pipeline network poses additional downstream risk.



Plant and pipeline security management is one of the most current and modern integrated management system to insure pipeline safety from third party threat and possibly damaging action in particular for onshore and cross-country pipeline system. It covers detail risk assessment and mitigation plan on both plants and pipeline system.



In this training course, “Security Vulnerability Assessment Methodology for the Petroleum and Petrochemical Industries” prepared by API and the National Petrochemical & Refiners Association (NPRA), and “Security Guidelines: Natural Gas Industry, Transmission and Distribution”, prepared by American Gas Association, USA will be used as major references. To enhance the training, as lesson learnt, various special cases study of pipeline and plants people affected accident around the world will be presented in details.



 



TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1.    Understanding the psychology of destructive behavior
2.    Setting the context and boundaries and asset characterization
3.    Identifying the hazard  and threat assessments (identify known or perceived adversaries)
4.    Criticality assessments (determine criticality)
5.    Vulnerability assessments (identify security weaknesses)
6.    Risk assessments (determine risks based on threat, vulnerability and consequence assessment findings)
7.    Strategy for sound risk mitigation (determine and implement appropriate risk reduction countermeasures)
8.    Monitor, reassess, and modify (security risk management is an ongoing effort)



 



TRAINING BENEFIT :
Knowledge and skill obtained from the training will be useful to set up the strategy to maintain pipeline safety and integrity from possible third party damaging activities. It introduces a new perspective on pipeline safety management that will provide invaluable benefit to pipeline owners, operators and other concerned parties.



 



WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?
Plant and Pipeline Operators, Supervisors, Engineers and Managers



 



TRAINING INSTRUCTOR



Dr. Ahmad Taufik, M.Eng.
Dr.Ahmad Taufik,M.Eng. is Risk and Integrity Specialist, and  Chairman for Indonesian Society for Reliability (ISR). He got his doctorate program from Georgia Institute of Technology, Atlanta, USA (1996). He is now also a lecturer at Graduate Study Program at Bandung Institute of Technology (ITB) teaching for risk and integrity assessment related courses. He has been interacting with oil and gas companies for more than 10 years for training, consultant and project implementation. This much experiences in oil and gas industries will be shared by him in training class. Dr. Ahmad Taufik has much work experiences joining in some institution such as at Lloyd’s Register as Operation Manager, at PT. MMS, PT. Surveyor Indonesia and PT. AT Solusi as consultant and trainer. And at present Dr. Ahmad Taufik is an Asset Integrity Specialist for PT Pertamina PHE-ONWJ (formerly BP West Java, Indonesia). He has performed in depth study in integrity  research for pipeline, mechanical and pressurized system. He is member of ASM and ASME. He has wide interest including RBI, PIM, FTA, FMECA, RCA, RAM study and many other risk engineering areas. Dr. Ahmad Taufik has been chairman and speakers for many Oil and Gas International Conferences in Indonesia, (INDOPIPE, MAPREC), Malaysia (ASCOPE), Singapore and China (IPTEC) for the last five years. He has taught many training class on his expertise topics for many companies in Indonesia.



 



VENUE :



Hotel Grand Seriti Boutique Bandung



 



TRAINING DURATION :



3 days



 



TRAINING TIME :
27 – 29 December 2010





 



INVESTATION PRICE/ PERSON :
1.    Rp 6.500.000/person (full fare)  or
2.    Rp 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training event) or
3.    Rp 6.000.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)



 



FACILITIES FOR PARTICIPANTS :




  1. Training Module

  2. Training CD Contains Training Material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. Jacket or Waistcoat or T-Shirt

  6. Bag or Backpackers

  7. Training Photo

  8. Training Room with Full AC Facilities and multimedia

  9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified and experienced instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from venue of training(if minimal number of participants from one company is 4 persons)



 



Jumat, 19 November 2010

Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Mediator - Akreditasi Mahkamah Agung RI

Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Mediator
Surat Akreditasi dari Mahkamah Agung Indonesia No. KMA/043/SK/VII/2004



Hotel Marcopolo, Jakarta | 4-7 Desember 2010 | Pukul 08.00-18.00 WIB | Rp. 5.000.000/orang (selambat-lambatnya s.d 1 Desember 2010)






Proses beracara di pengadilan adalah proses yang membutuhkan biaya dan memakan waktu. Karena sistem pengadilan konvensional, seringkali menghasilkan satu pihak sebagai pemenang dan pihak lainnya sebagai pihak yang kalah. Pihak yang kalah selalu tidak puas dan akhirnya banding ke pengadilan tinggi sampai ke mahkamah agung. Tidaklah aneh jika kemudian Mahkamah Agung Indonesia harus menangani kasus yang bertumpuk.



Masalah ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan menambah jumlah hakim di dalam Mahkamah Agung karena angka kasus yang masuk ke Mahkamah Agung jauh lebih banyak dari pada kemampuan pemerintah untuk meningkatkan jumlah hakim di Mahkamah Agung. Sebagai alternatif, usaha untuk menyelesaikan masalah ini harus secara langsung pada tingkat terrendah dari Sistem Peradilan Indonesia, yaitu Pengadilan Negeri, dimana kasus pertama kali didengar.



Dengan alasan tersebut Pemerintah Republik Indonesia bersama Mahkamah Agung telah menyepakati untuk mendirikan program peradilan yang berhubungan dengan mediasi sebagai bagian dari program reformasi hukum dalam Program Pengembangan Nasional UU Nomor 25, 2000 (Undang-undang PROPENAS). The court-connected program diharapkan tidak hanya cara untuk mencapai proses resolusi perselisihan lebih efisien dan lebih sedikit mengeluarkan biaya, tetapi juga untuk menciptakan sistem peradilan yang lebih bersih karena di bawah sistem court-connected, pihak-pihak yang berselisih sendiri memiliki wewenang untuk mengontrol proses dan hasil keluaran dari resolusi perselisihan.



Untuk merealisasikan program tersebut, Mahkamah Agung RI pada 11 September 2003 telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 tahun 2003 mengenai prosedur Mediasi dalam Pengadilan. Peraturan Mahkamah Agung ini kemudian direvisi dengan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2008.



Peraturan baru ini penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat untuk penyebaran informasi dan juga untuk mencari dan melatih kandidat yang berkualitas untuk menjadi mediator yang baik. Hal ini sejalan dengan peraturan MA tersebut yang menyatakan bahwa yang bisa menjadi mediator adalah hakim dan non hakim.  Karena itu perlu dibuat lebih banyak program pelatihan untuk memperluas cakupan yang lebih lebar yang tidak hanya menangani hakim, tetapi juga publik termasuk akademisi dan praktisi hukum atau kaum profesional lain untuk memperkenalkan peraturan mengenai sistem court-connected mediation.



Dengan Surat Akreditasi dari Mahkamah Agung Indonesia No. KMA/043/SK/VII/2004 sebagai Penyelenggara Pelatihan dan Pendidikan Mediasi, Indonesian Institute for Conflict Transformation, bekerjasama dengan Legal Training Center (ILTC) akan menyelenggarakan:



 



FASILITATOR




  1. Hakim Agung MA-RI (Pembicara Tamu)*

  2. Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M.

  3. Sri Mamudji, S.H., M. Law Lib.

  4. Mas Achmad Santosa, SH., LLM.

  5. Wiwiek Awiaty, SH., M.Hum.

  6. Siti Megadianty Adam, S.H. MEL.

  7. Lita Arijati, SH., LL.M.

  8. Tony Budidjaja, SH., LLM.

  9. Ir. Alexander Lay, SH., LLM.

  10. Fatahillah, SH.,MLI., Msi.

  11. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H.

  12. Gusrizal, SH., MH.












MANFAAT  PELATIHAN




  1. Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan proses mediasi kepada peserta pelatihan;

  2. Untuk mensosialisasikan peraturan mengenai proses mediasi yang berhubungan dengan pengadilan;

  3. Untuk menyediakan materi-materi, buku pegangan bagi mediator;

  4. Untuk menginformasikan kode etik mediator.








MATERI PELATIHAN






SILABUS 40 JAM PELATIHAN MEDIATOR






























































1.

PERMA No. 1 Tahun 2008 dan Implementasinya

2.

Bentuk-bentuk penyelesaian sengketa

3.

Pengantar negosiasi

4.

Strategi perundingan

5.

Analisis konflik

6.

Pemahaman isu, posisi dan kepentingan

7.

Pengantar mediasi

8.

Teknik dan skill mediator

9.

Mengungkap kepentingan tersembunyi

10.

Tahapan mediasi

11.

Penyusunan Agenda

12.

Kaukus dan mediator's trap

13.

Kode etik mediator

14.

Merancang kesepakatan



Kurikulum ini telah disusun dengan persetujuan dari Mahkamah Agung RI (Silabus 40 Jam)






Syarat Kelulusan :




  1. Kehadiran 40 jam

  2. Pre-test (ujian teori)

  3. Post-test (ujian teori)

  4. Roleplay (ujian praktek)






Keterangan :




  • Peserta minimum berpendidikan Strata Satu (S1) dari bidang ilmu apapun






BIAYA PELATIHAN:




  • Rp. 5.000.000/orang (selambat-lambatnya s.d 1 Desember 2010)

  • Termasuk lunch, 2x coffee break, mediator handbook, training kit, dan sertifikat mediator






Tempat



Hotel Marcopolo,
Jl.Teuku Cik Ditiro No.19 Jakarta Pusat







Perancangan dan Administrasi Kontrak Pengadaan Barang & Jasa Konstruksi

Perancangan dan Administrasi Kontrak Pengadaan Barang & Jasa Konstruksi



Hotel Marcopolo, Jakarta | 22-23 Desember 2010 | 08.00 - 17.30 WIB | Rp. 3.750.000/ orang (lunas sampai 21 Desember 2010)



 



Sudah Amankah Anda Dari Ancaman Permasalahan Hukum Dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi?
Bagaimana Cara Memenangkan Tender Proyek Konstruksi Dengan Penawaran Yang Minimal Namun Mendapatkan Pembayaran Yang Jauh Lebih Besar Ketika Proyek Selesai Dan Tetap Sah Secara Hukum?



 



Pengadaan barang dan jasa pemerintah dari sektor jasa konstruksi mempunyai porsi besar dibanding dengan sektor penyediaan barang dan jasa lainnya. Namun dari segi regulasi terdapat dualisme pengaturan antara UU No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi dan Keppres No. 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Dualisme tersebut berpotensi menimbulkan masalah korupsi dan persaingan usaha tidak sehat karena menimbulkan kerancuan pemahaman mengenai aturan mana yang menjadi acuan bagi pengguna maupun penyedia jasa.



Di sisi lain, persaingan di sektor usaha jasa konstruksi yang semakin ketat membuat penyedia jasa harus bisa membuat penawaran yang tepat agar dapat memenangkan tender namun tetap sesuai dengan koridor hukum yang ada. Lalu strategi apakah yang sebaiknya digunakan?








MATERI PELATIHAN



A. Memilih Bentuk-Bentuk Kontrak Konstruksi Yang Tepat (Indonesia dan Internasional)



Dalam Pelatihan ini akan diuraikan bentuk-bentuk kontrak konstruksi dan cara memilih bentuk kontrak yang tepat dan cocok agar tidak terjadi kesulitan dikemudian hari. Banyak masalah terjadi karena kurang tepat memilih bentuk kontrak yang dibutuhkan. Format kontrak konstruksi internasional, dapat dipakai sebagai rujukan, namun tidak seluruhnya cocok untuk Indonesia. Sebaliknya kontrak konstruksi Indonesia tertentu masih perlu merujuk kontrak internasional. Pelatihan ini mengupas seluruh permasalahan tersebut.



B. Pedoman Menyusun dan Merundingkan Kontrak Konstruksi



Kontrak yang baik dan benar adalah kontrak yang disusun menurut peratutan perundang-undangan yang berlaku, pedoman dan kaidah-kaidah hukum tertentu sehingga kontrak tersebut dapat disebut adil dan setara (fail & equal) sesuai yang diamanatkan UU RI No. 18/1999 dan tidak cacat hukum. Selanjutnya dalam menyusun kontrak tersebut para pihak seharusnya berunding terlebih dahulu dengan kesadaran bahwa mereka setara kedudukannya. Seluruh masalah tersebut akan dikupas dalam pelatihan ini.



C. Memanfaatkan Peluang Klaim dengan Mengelola Administrasi Proyek Konstruksi



Persaingan dalam industri jasa konstruski sudah semakin ketat, sehingga dicari upaya lain untuk memenangkan tender dengan cara memanfaatkan peluang klaim. Hal ini akan diperoleh antara lain dengan kejelian melihat peluang klaim yang ada (dapat dipelajari) dan mengelola administrasi proyek konstruksi dengan baik dan teratur. Tanpa administrasi kontrak (yang merupakan bagian dari administrasi proyek konstruksi) yang baik mustahil klaim konstruksi dapat dimanfaatkan. Semuanya diuraikan secara lugas dalam pelatihan ini.



D. Klaim Konstruksi dan Cara Penyelesaian Sengketa yang Efektif (Pengadilan / Arbitrase / ADR)



Undang-Undang No. 30/1999 memberikan keleluasaan memilih cara penyelesaian sengketa melalui Badan Peradilan, Arbitrase atau Alternatif Penyelesaian Sengketa. Pelatihan ini selain menguraikan tentang klaim yang menjadi salah satu sebab terjadinya sengketa, akan menguraikan pula cara penyelesaian yang efektif, baik dari segi biaya, proses dan prosedur serta waktu. Pilihan cara menyelesaikan sengketa harus tegas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Kekeliruan memilih cara menyelesaikan sengketa akan mengakibatkan kesulitan yang akan sangat merugikan. Pelatihan ini menguraikan pilihan cara menyelesaikan sengketa yang paling efektif berdasarkan pengalaman selama lebih dari 30 tahun.



E. Proses Persidangan Sengketa Konstruksi Melalui Arbitrase (BANI)



Dalam pelatihan ini selain diuraikan cara-cara menyusun permohonan arbitrase, diuraikan pula secara tuntas proses jalannya persidangan arbitrase itu sendiri. Dengan demikian diharapkan para peserta pelatihan dapat menguasai pemahaman dengan baik dan dapat mengikuti proses persidangan. Namun tetap dianjurkan agar dalam proses persidangan didampingi oleh Kuasa Hukum yang profesional.



F. Aspek Hukum dan Peran Konsultan Hukum yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan Kontrak Konstruksi



Sesungguhnya seluruh isi kontrak konstruksi merupakan hukum yang harus dipatuhi para pihak (KUHPer Pasal 1338). Namun dalam pelatihan ini secara khusus akan diuraikan pasal-pasal apa saja yang harus ada dalam kontrak yang berhubungan langsung dengan hukum seperti waktu pelaksanaan, ganti rugi keterlambatan, penghentian sementara pekerjaan, pemutusan kontrak, penyelesaian sengketa dan lain-lain. Kemudian diuraikan pula peran konsultan hukum dalam penyusunan kontrak. Yang harus diingat adalah bahwa kontrak itu sendiri berisi hal-hal mengenai hukum, sedangkan yang akan menjalankan kontrak tersebut nantinya adalah orang teknik yang umumnya awam terhadap hukum.



G. Peranan Aspek Pendanaan Proyek (Keuangan dan Perbankan) Dalam Kontrak Konstruksi



Pendanaan merupakan hal yang sangat vital dalam proyek konstruksi. Bagaimana jadinya suatu proyek tanpa pendanaan yang cukup dan teratur atau sama sekali tidak jelas. Apa kaitannya dengan perbankan sejauh menyangkut aspek jaminan. Bentuk-bentuk jaminan apa yang harus dihindari karena hanya bersifat moral. Bagaimana proses peminjaman dana melalui bank. Semua dikupas tuntas dan lugas dalam pelatihan ini.



H. Seluk-Beluk Perpajakan Dalam Kontrak Konstruksi



Dalam suatu kontrak konstruksi pasti terkandung pajak-pajak yang harus ditanggung oleh pihak yang berkontrak yaitu Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh). Tidak selalu kedua jenis pajak ini dipahami dengan benar oleh para pihak yang berkontrak baik mengenai cara pemotongannya, maupun penyetorannya kepada Pemerintah. Selain itu seringkali pula dalam suatu kontrak, PPN ini tidak dimunculkan. Nilai Kontrak disebutkan belum termasuk PPN. Bagaimana menghitung PPN-nya. Bangaimana kalau dalam perjalanan proyek pajak penghasilan (PPh) dirubah Pemerintah. Semua ini dikupas lugas dalam pelatihan ini.



 



FASILITATOR




  • Ir. Nazarkhan Yasin;



Berpengalaman selama puluhan tahun  di bidang usaha jasa konstruksi di dalam dan luar negeri. Saat ini aktif sebagai konsultan hukum konstruksi dan pengajar pasca sarjana




  • Monik Bey, SH.;



  • Dra. Lisa Purnamasari.



 



BIAYA PELATIHAN






INVESTASI:










  • Rp. 3.250.000 /orang untuk pelunasan sampai dengan 1 Desember 2010

  • Rp. 3.500.000 /orang untuk pelunasan sampai dengan 8 Desember 2010

  • Rp. 3.750.000 / orang untuk pelunasan sampai dengan 21 Desember 2010

  • Rp. 4.700.000/ orang untuk pelunasan pada hari pelaksanaan dan setelahnya









  • Biaya di atas sudah termasuk :

    • Sertifikat

    • Modul+CD

    • Seminar Kit

    • Lunch + Coffee Break







 



LIGHTNING PROTECTION AND GROUNDING SYSTEM FOR POWER PLANT, TRANSMISSION, DISTRIBUTION AND LARGE INDUSTRY

LIGHTNING PROTECTION AND GROUNDING SYSTEM FOR POWER PLANT, TRANSMISSION, DISTRIBUTION AND LARGE INDUSTRY



Hotel Golden Flower Bandung | 8 – 10 December 2010 | Rp 5.750.000/person






TRAINING MATERIAL OUTLINE :



1.    Lightning Phenomena
2.    External Lightning Protection System
3.    Grounding and Bonding System
4.    Internal Lightning Protection System
5.    Lightning Detection System-LPATS
6.    Lightning Protection System for Power Plant and Transmission and Distribution
7.    Lightning Arrester for Transmission and Distribution
8.    Lightning Protection System for Large Industry
9.    Video " Lightning - Discovery Channel"






INSTRUKTUR TRAINING



Dr. Dipl.Ing. Ir. Reynaldo Zoro
Dr. Dipl.Ing. Ir. Reynaldo Zoro  graduated from Institute of Techonology, Bandung taking for High Voltage & Electrical. He has experience in Electrical Area since 1978.  He is a Head of Laboratory of High Voltage, ITB and he is Chairman of Power Engineering Division of STEI-ITB.  He has given many short courses for in-house or public course of lightning protection, electrical grounding to industries in the country. He is member of CIGRE - France, member of Standardization for DLPE- ESDM, IEC TC-81 and DLPE - ESDM.



 



VENUE :



Hotel Golden Flower Bandung



TRAINING DURATION :



3 days



TRAINING TIME :



8 – 10 December 2010



 



INVESTATION PRICE/PERSON :
1.    Rp 5.750.000/person (full fare)  or
2.    Rp 5.500.000/person (early bird, payment before 11 October 2010) or
3.    Rp 5.250.000/person (3 persons or more from the same company)






FACILITIES FOR PARTICIPANTS:




  1. Training Module

  2. Training CD Contains Training Material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. Jacket or Waistcoat or T-Shirt

  6. Bag or Backpackers

  7. Training Photo

  8. Training Room with Full AC Facilities and multimedia

  9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified  instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from venue of training(if minimal number of participants from one company is 4 persons)






 



Kamis, 18 November 2010

ENTERPRISES RESOURCES PLANNING (ERP) - Pasti Jalan



ENTERPRISES RESOURCES PLANNING (ERP) - BANDUNG







Hotel Sensa, Ciwalk Bandung | Rabu – Kamis, 24-25 November 2010 | 09 - 17.00 WIB | Rp. 3.000.000,-








PENGANTAR



Persaingan di dunia bisnis semakin kompleks, dan salah satu cara untuk memenangkan persaingan sekaligus mengefisienkan proses operasional dengan cara mengintegrasikan sistem informasi, peningkatan efisiensi dari sistem informasi untuk menghasilkan manajemen yang lebih efisien dalam business processes, sehingga daya saing perusahaan akan meningkat.



Enterprise Resources Planning merupakan sebuah teknologi system informasi terintegrasi yang digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Beberapa survey lapangan menunjukkan bahwa implementasi ERP dapat meningkatkan dengan cepat kinerja perusahaan dan beberapa mengalami kegagalan, sehingga dapat merusak sistem perusahaan. Keberhasilan ini dicapai dengan kesuksesan implementasi ERP yang ditentukan oleh key user (tim project ERP).






TUJUAN PELATIHAN



Dalam pelatihan ini para peserta akan diajarkan untuk memahami, mengevaluasi, mengembangkan, dan menyeleksi vendor penyedia jasa system ERP, sehingga pada akhirnya perusahaan dapat mengembangkan system ERP yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.  Pelatihan ini disampaikan oleh 2 (dua) orang nara sumber yang memiliki background sebagai user (SCM expert) dan developer system (IT expert).






MANFAAT PELATIHAN




  • Memahami prinsip, konsep, dan manfaat ERP

  • Memahami cara kerja aplikasi ERP

  • Memahami konsep arsitektur pengembangan system

  • Memahami tahapan pengembangan system dan modul

  • Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, dan mengevaluasi kinerja provider IT






PELATIHAN INI DITUJUKAN KEPADA PARA PROFESIONAL DI BIDANG:




  • Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian,

  • MIS, System Analyst, dan IT

  • Internal Auditor, Internal Control, Compliance Unit

  • Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses procurement dan pengembangan system

  • Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.






METODE PELATIHAN



Class presentation, inter-active discussion, real case study analysis, video presentation, dan demo modul ERP








SILABUS PELATIHAN:



ERP REVIEW




  • Supply Chain strategy

  • Business Process Re-Engineering

  • Change management

  • Evaluasi system solusi ERP

  • Kendala dalam pengembangan ERP



BUSINESS PROCESS AND OPERATIONS FLOWCHART




  • Supply Chain Management

  • Purchasing/Procurement

  • Marketing/Sales

  • GA and Administration

  • Finance

  • HRD

  • Audit and Compliance



CASE STUDY PROJECT ERP




  • Program ideal dalam kerangka ERP

  • Customer Relationship Management

  • Supplier/Vendor Integration

  • Project timeline

  • Reporting system



SELEKSI VENDOR IT




  • Identifikasi calon Vendor

  • Evaluasi harga penawaran

  • Evaluasi features dan spesifikasi program

  • Seleksi dan evaluasi kapasitas calon Vendor

  • Terms and conditions



ARSITEKTUR SYSTEM ERP




  • Arsitektur model ERP

  • Membangun modul ERP yang ideal

  • User friendly program

  • Fleksibilitas pengembangan program



INTERFACE MODUL




  • Konsep interface modul

  • Benefit interface modul

  • Resiko dan kendala interface modul

  • Kiat pengembangan interface modul



KONFIGURASI SYSTEM ERP




  • Konfigurasi hardware

  • Konfigurasi software

  • Konfigurasi fasilitas mobile access and notifications



SECURITY SYSTEM DAN AUDIT




  • Keamanan system

  • Open sources dan resikonya

  • Kontrol dan proteksi system

  • Level akses user

  • IT Audit



DEMO MODUL ERP




  • Demo aplikasi ERP yang dikembangkan oleh Trainer IT

  • Peserta mencoba menggunakan modul tersebut

  • Peserta berdiskusi dengan nara sumber tentang bagaimana tampilan, konfigurasi system, menu program, biaya investasi, dan cara mengembangkan modul ERP yang ideal






Trainer/Fasilitator



1. Deni Danasenjaya, SE, MM (SCM expert)



Beliau adalah praktisi yang telah lama menggeluti bidang Supply Chain Management, Asset Management, Procurement, Purchasing, Logistik selama belasan tahun, dengan pengalaman sebagai senior manager pada berbagai perusahaan, dan organisasi, dan telah banyak memberikan pelatihan yang berhubungan dengan kompetensi beliau bagi banyak perusahaan,organisasi, pemerintahan, dll.



2. Setiabudi, ST (IT expert).



Beliau adalah Profesional IT yang telah mempunyai pengalaman belasan tahun dalam mengerjakan beberapa proyek dengan berbagai perusahaan, pemerintahan, organisasi baik  nasional maupun multinasional yang berhubungan dengan Asset Management, Assurance & Audit, Product Development, Database Management, System Development, Master Plan Compilation, Human Resources Information System, Administration Aplication Automation. Beliau juga telah banyak memberikan pelatihan kepada banyak perusahaan maupun institusi yang berhubungan dengan Asset Management, System Informasi Terpadu, dll.






RUNDOWN ACARA



HARI PERTAMA



Trainer: Deni Danasenjaya




  • 08.00 - 08.30      Registrasi peserta

  • 08.30 - 10.15      ERP - SCM review

  • 10.15 - 10.30      Coffee break

  • 10.30 - 12.00      SCM Process and Flowchart

  • 12.00 - 13.00      Break and lunch

  • 13.00 - 15.00      Case Study Project ERP

  • 15.00 - 15.15      Coffee break

  • 15.15 - 16.30      Seleksi Vendor IT

  • 16.30 - 17.00      Case study, discussion, and feed back



HARI KEDUA



Trainer: Setiabudi




  • 08.30 - 10.15      Arsitektur system ERP

  • 10.15 - 10.30      Coffee break

  • 10.30 - 12.00      Konfigurasi system ERP dan interface modul

  • 12.00 - 13.00      Break and lunch

  • 13.00 - 15.00      Security system dan e-Audit

  • 15.00 - 15.15      Coffee break

  • 15.15 - 16.30      Demo modul ERP

  • 16.30 - 17.00      Case study, discussion, and feed back






Jadwal & Tempat :



Rabu – Kamis, 24-25 November 2010
09 - 17.00 WIB
Hotel Sensa, Ciwalk Bandung






Investasi :




  • Rp. 3.000.000,-

  • Bayar 4, peserta ke 5 gratis.

  • Including : Sertifikat,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snack.






STUDY KELAYAKAN PROYEK INDUSTRI OIL & GAS

STUDY KELAYAKAN PROYEK INDUSTRI OIL & GAS


Aryaduta Hotel / Grand Flora Hotel, Jakarta | December 27th - 28th, 2010 | Rp. 2.950.000, -





Investasi dalam proyek industry Oil dan Gas adalah salah satu kegiatan usaha pengeboran gas alam yang sangat ber- resiko dan membutuhkan investasi yang besar.  Berdasarkan statistik  ,  dari ber-ratus-ratus sumur yang digali, hanya menghasilkan  satu dari sepuluh sumur yang diharapkan akan berhasil  yang nantinya   dari satu sumur yang hasilnya baik akan menghasilkan laba yang besar . Namun dengan peluang kegagalan sebesar 90 % dan peluang keberhasilan yang hanya sebeasr 10 %, apabila setiap tahun mengebor 2000 sumur, maka dengan tingkat keberhasilan 10% setiap menggali 100 sumur, maka proyek investasi gas alam akan menghasilkan sekitar 200 sumur yang sukses. Dan apabila dalam tahun yang buruk hanya menghasilkan 190 sumur yang sukses, tapi dalam tahun yang baik mungkin menghasilkan 210 sumur yang sukses, maka secara keseluruhan tidak terlihat sama sekali bahwa proyek gas alam mempunyai resiko yang besar. Resiko dalam investasi sangat bervariasi bergantung pada cara pandang individu terhadap resiko tersebut, karena sebagian resiko dapat didiversivikasi dalam portofolio pemegang saham perusahaan.


 


SASARAN :




  • Memahami 10 prinsip dasar  Manajemem Keuangan

  • Memahami arti Study Kelayak Proyek Industri Oil & Gas

  • Memahami karateristik industry Oil & Gas

  • Memahami aspek –aspek teknis dan ekonomis Study Kelayakan Proyek Industri Oil & Gas

  • Memahami penyusunan peringkat Study Kelayakan Proyek Industri Oil & Gas

  • Memahami penganggaran Modal ( Capital Budgeting ) proyek Industri Oil & Gas


 


METODE :




  • Lekture, Diskusi / Sharing Experience, Study Kasus

  • Simulasi Study Kasus  Study Kelayakan Proyek Oil & Gas  menggunakan Program MS Excel


 


BONUS :




  • Soft Copy Hand Out dan CD Simulasi Study Kelayakan Proyek Industri Oil & Gas

  • Gratis konsultasi interaktif via Email / Yahoo Messenger selama 1 bulan


 


OUT LINE  :


HARI  KE  1


SESI  1  :   INTRODUCTION INVESTASI ASSET INDUSTRI OIL & GAS




  • DEFINISI INVESTASI ASSET INDUSTRI OIL & GAS

  • KARATERISTIK INVESTASI ASSET  INDUSTRI OIL & GAS

  • PENTINGNYA STUDY KELAYAKAN INVESTASI ASSET INDUSTRI OIL & GAS

  • ASPEK TEKNIK, FINANCE DAN OPERASIONAL INDUSTRI OIL  & GAS

  • 10 PRINSIP DASAR MANAJEMEN KEUANGAN


SESI  2  :    ASPEK -ASPEK STUDY KELAYAKAN PROYEK INDUSTRI OIL & GAS




  • ASPEK PASAR

  • ASPEK TEKNIS

  • ASPEK GEOGRAFI DAN LOKASI

  • ASPEK TEKNOLOGI DAN PROSES PRODUKSI

  • ASPEK KAPASITAS PRODUKSI

  • ASPEK MANAGEMENT DAN ORGANISASI

  • ASPEK KOMERSIIL

  • ASPEK KEUANGAN ( PROYEKSI CASH FLOW, LABA –RUGI & NERACA )


SESI 3  :    TEKNIK MENYUSUN STUDY KELAYAKAN PROYEK INDUSTRI OIL & GAS




  • SIKLUS ARUS KAS ( CASH FLOW CYCLE )

  • METODE JANGKA PENGEMBALIAN ( PAY BACK PERIOD )

  • HASIL PENGEMBALIAN ATAS AKTIVA ( RETURN ON ASSET – ROA )

  • BENEFIT COST RATIO RATIO

  • RASIO MANFAAT BIAYA ( INDEX PROFITABILITAS RATIO )

  • METODE NILAI SEKARANG BERSIH ( NET PRESENT VALUE - NPV )

  • METODE TINGKAT HASIL PENGEMBALIAN INTERNAL ( INTERNAL RATE OF RETURN - IRR )


HARI KE 2  :


SESI  4  :     PENGANGGARAN MODAL ( CAPITAL BUDGETING )




  • PENTINGNYA PENGANGGARAN MODAL

  • PENGARUH JANGKA PANJANG ( LONG-TERM EFFECTS )

  • PENGELOMPOKAN USULAN INVESTASI


SESI  5  :   SIMULASI STUDY KASUS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK INDUSTRI OIL & GAS




  • PERHITUNGAN RUGI LABA PROFORMA & CASH FLOW

  • CASH FLOW EMPAT PROYEK YG SALING MENIADAKAN ( MUTUALLY EXCLUSIVE )

  • HASIL PENGEMBALIAN ATAS AKTIVA ( ROA )

  • METODE NILAI SEKARANG BERSUH ( NPV )

  • METODE TINGKAT HASIL PENGEMBALIAN INTERNAL ( IRR )

  • PERBANDINGAN ANTARA METODE NPV DAN IRR

  • PENGANGGARAN MODAL ( CAPITAL BUDGETING )

  • PROYEK DENGAN UMUR YG BERBEDA

  • PROYEK DENGAN SKALA YG BERBEDA


 


Workshop Leader :


Drs. H. Moeljadi


Menyelesaikan study program Sarjana Muda Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya dan melanjutkan study program Sarjana Jurusan Management Fakultas Ekonomi di Bandung. Bekerja di Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 29 tahun dan pernah di percaya memegang jabatan sebagai Ketua Koperasi Induk PT. Telekomunikasi Indonesia, Ketua Koperasi Primer Kantor Pusat PT. Telkom Manajer Umum Proyek Telkom V , Corporate Account Manager dan jabatan-jabatan Managerial lainnya di Kantor Pusat PT. Telkom.


Atas jasa-jasa beliau selama bekerja di PT. Telkom , beliau dianugerahi Penghargaan oleh  Direktur Utama PT. Telkom yang dituangkan dalam buku intern PT. Telkom yang berjudul “Mereka Yang Berjasa”, dan dikukuhkan dengan penghargaan prestasi kerja dari Menteri Perhubungan  Republik Indonesia, karena inovasinya dalam membuat rumusan Cash Management dan mengaplikasikan di PT. Telkom, sehingga dalam kurun waktu 4 tahun dapat meningkatkan laba non operasi PT.Telkom sebesar 69% dari laba operasi atau sebesar ¼ triliun rupiah. Selama menjabat sebagai Ketua Koperasi Primer Kantor Pusat PT. Telkom, beliau dapat meningkatkan SHU Koperasi yang cukup signifikan, sehingga Koperasi yang dipimpin mendapat penghargaan sebagai Koperasi Fungsional Terbaik Tingkat Nasional dari Menteri Koperasi Republik Indonesia.


Saat ini beliau disamping sebagai Direktur di perusahaan Consulting di Bandung, juga sebagai Konsultan Manajemen, pembicara  Seminar dan Workshop di Bandung / Jakarta dengan topik “Great Cash Management Great Profit”; “Boosting Profit Through Cash Management”; “Great Cash Management untuk Meningkatkan Pendapatan”, Financial Control Management”, Treasury Management, Analisa Laporan Keuangan dan berbagai topik Finance lainnya. Beliau juga sebagai penulis buku : “Great Cash Management Great Profit” dan “Denyut Jantung Keuangan Keluarga Ditangan Ibu-ibu”, yang di terbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo Kompas - Gramedia.




FEE :




  • Rp. 2.250.000, -  (Registration 3 person/more; payment before December 20th, 2010)

  • Rp. 2.450.000, -  (Reg before December 13th, 2010; payment before December 20th, 2010)

  • Rp. 2.950.000, -  (Full Fare)


 


NOTE :   PESERTA DISARANKAN MEMBAWA LAP TOP UTK  SIMULASI STUDY KASUS DENGAN MS EXCEL




Training Disain & Entri dengan Epi Data

Training Disain & Entri dengan Epi Data


Pusat Studi Jepang, UI atau Wisma Makara, UI, Kampus UI Depok | December 22nd - 23rd, 2010 | Rp. 2.950.000, -


 


“Epi Data merupakan aplikasi public domain untuk entri data penelitian yang kedua setelah Epi Info. Dengan tampilan yang windows based, entri data lebih nyaman dibandingkan program sejenis lainnya. Peserta dibekali keterampilan mulai disain template, entri data hingga analisis statististik sederhana”.



 


Sasaran Utama:




  • Pengajar/dosen di sekolah tinggi atau universitas

  • Peneliti di lembaga riset

  • Staf MONEV di LSM dan dinas kesehatan

  • Staf diklit/diklat di rumah sakit

  • Mahasiswa kesehatan/kedokteran



 


Sesi-sesi:




  1. Registrasi dan pembukaan training

  2. Overview Epidata,  aplikasinya dalam bidang kesehatan, kelebihan, kekurangan dibanding Epi Info dan program sejenis, spesifikasi komputer yang dibutuhkan dan instalasi program

  3. Pembuatan template entri data termasuk linking files, ID otomatis, entri table dan exercise

  4. Validasi template mencakup antara lain minimum maksimum, jump, dan must enter, manajemen file pada multiple entri, merge file dan transfer bentuk file ke SPSS, Stata atau Excel dan exercise

  5. Analisis deskriptif dan penyajian data dan exercise

  6. Penutupan, pembagian sertifikat


 


Pembicara:




  1. Besral, SKM, M.Si

  2. Iis Sinsin, SKM, M.Epid


 


FEE :




  • Rp. 2.250.000, -  (Registration 3 person/more; payment before December 15th, 2010)

  • Rp. 2.450.000, -  (Reg before December 8th, 2010; payment before December 15th, 2010)

  • Rp. 2.950.000, -  (Full Fare)


 




    Rabu, 10 November 2010

    GAS DETECTION AND PERMIT TO WORK (PTW)

    GAS DETECTION AND PERMIT TO WORK (PTW)



    Titan Center, Bintaro Jaya, Sector 7 - Jakarta | 8 - 10 Desember 2010 | Rp. 4.350.000 –






    TUJUAN



    Mendesain sistem kerja untuk personil pelaksana lapangan dan Personil Pendukung lain yg terkait untuk pelaksanaan pekerjaan operasional di bidang migas atau petrokimia, terutama yang berkaitan dengan pengeluaran Surat Izin Kerja (Cold Work, Hot Work, Confine Spaced Entry) agar terbebas dari bahaya kebakaran dan peledakan.






    MANFAAT




    1. Mengoperasikan bermacam macam jenis unit/ instrument pendeteksian gas, menganalisa kandungan gas yang mudah meledak atau terbakar, berbahaya dan beracun (B-3)

    2. Mempersiapkan setiap Peralatan atau Sistem Proses yg akan diperbaiki atau dimodifikasi.

    3. Mengeluarkan dan / atau menerima semua  jenis Ijin Kerja (Permit To Work/PTW).






    METODE



    Ceramah/kuliah, Diskusi, Studi kasus dan simulasi, Presentasi kelompok






    PESERTA



    Junior Manager, Superintendent, Supervisor, Leader, HSE Personal






    MATERI




    1. Dasar-Dasar K-3

    2. Karakteristik Gas (Flammable/ Explosive Limit, Toxic)

    3. 3Gas Detection Equipments

    4. Permit To Work (PTW)

    5. Pengeluaran Sertifikat Ijin kerja

    6. Peralatan Pemadam Kebakaran

    7. Pengisolasian setiap Peralatan dan atau Sistem Proses yg akan diperbaiki atau dimodifikasi

    8. Lock Out & Tag Out System

    9. Penyiapan Job Safety Analysis

    10. Peran, tugas dan tanggung jawab Pemberi dan Penerima PTW.

    11. Slide & Video Show

    12. Case Study






    INSTRUKTUR



    Koesnoto. BE Dip. SM



    Beliau adalah salah seorang tenaga ahli dibidang HSE dan memiliki beberapa HSE Certifications : Accredited Safety Auditor’s Review Safety Programe  Auditing Modern Safety Management Loss Control Management at International Loss Control Institute (ILCI) Vancouver, Calgary/Canada, Mobil Oil  Environmental  Health and Safety Programe (HSE Specialist), New Jersey Texas, USA dan beliau tercatat dalam Indonesian Safety Professional Association Organization dan Indonesian National Safety Council Organization. Beliau dipercaya untuk memberikan beberapa pelatihan di perusahaan ternama antara lain Pertamina, Pusri dll.








    VENUE



    Titan Center
    Jln. Boulevard Bintaro, Block B7/B1 No. 5
    Bintaro Jaya, Sector 7







    INVESTASI




    • Rp. 4.150.000 – (Registrasi 2 minggu sebelum pelatihan)

    • Rp. 4.350.000 – (Full Registrasi)

    • Investasi  5 orang untuk 1 perusahaan/Group ,GRATIS investasi untuk orang ke- 6.






    PRINCIPLES AND BASIC DESIGN OF OIL, GAS AND PETROCHEMICAL SOLID WASTE AND WASTE WATER TREATMENT

    PRINCIPLES AND BASIC DESIGN OF OIL, GAS AND PETROCHEMICAL SOLID WASTE AND WASTE WATER TREATMENT



    Titan Center, Bintaro / Hotel di Jakarta | 29 - 30 November 2010 | Rp. 3.750.000 –










    LATAR BELAKANG



    Indonesia memiliki begitu banyak industri pengolahan minyak, gas dan petrokimia. Peraturan yang sangat dan semakin ketat diterapkan pada industri ini karena industri ini mengeluarkan emisi gas, partikel, limbah padat dan limbah cair yang mengandung bahan-bahan yang tergolong berbahaya dan beracun (B3). Para praktisi semakin dituntut untuk mampu mengenali jenis dan karakteristik B3 yang terkait dengan industri sebelum menentukan sistem pengolahan yang tepat.



    Beberapa perusahaan mengalami perubahan pada jenis, kualitas serta kuantitas limbah dan emisi yang dihasilkan. Hal tersebut dapat disebabkan adanya dinamika pada proses produksi. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai proses produksi yang lazim terjadi dalam industri-industri ini juga akan memperkaya wawasan serta memberi dukungan dalam manajemen serta mengoperasikan pengolahan limbah dan emisi gas. Seiring dengan perkembangan teknologi, para pengelola pengolahan limbah dan emisi perlu mendapatkan state of the art, yaitu gambaran perkembangan metode dan teknologi yang tersedia hingga termutakhir dari sistem Pengolahan limbah dan emisi gas. Kami juga merancang pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan praktis mengenai desain dan pemecahan masalah yang dihadapi dalam mendesain Pengolahan Limbah.






    TUJUAN



    Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekalan pengetahuan dasar dan praktis dalam sistem pengolahan emisi gas buang dan limbah cair serta limbah padat pada industri yang melibatkan proses dan produk minyak, gas dan petrokimia. Peserta pelatihan juga diharapkan akan memiliki kemampuan praktis dan menganalisa serta mendesain secara sederhana untuk mengalami perubahan baik dalam hal jenis limbah, kualitas maupun kuantitasnya.






    MATERI




    • Pengenalan Karakteristik Proses dan Produk dari Industri Minyak, Gas dan Petrokimia

    • Jenis-jenis limbah padat, limbah cair dan emisi gas buang

    • Hukum dan peraturan terkait limbah padat, limbah cair dan emisi gas buang

    • Studi Kasus 1: Pembahasan Masalah Peserta

    • Kontrol Emisi Gas dan Partikel

    • Sistem dan desain Pengolahan Limbah Padat

    • Sistem dan desain Pengolahan Limbah Cair

    • Studi Kasus 2: Desain Pengolahan Limbah Padat Cair dan Emisi Gas






    INSTRUKTUR



    Dr.-Ing. Misri Gozan, M.Tech



    Beliau adalah salah seorang yang memiliki lebih dari 16 tahun pengalaman dalam pengajaran, pelatihan, penelitian dan project yang berkaitan dengan Pengolahan Emisi dan Limbah industri serta Lingkungan Hidup terutama dalam industri perminyakan, gas dan petrokimia. Selama mengenyam pendidikan Doktor di Jerman (Technical University of Dresden, 2000-2004) di bidang Environmental Engineering, beliau bekerja paruh waktu pada Technologiezentrum Wasser (TZW) yang bergerak dalam bidang pengolahan air. Pengalaman pada pengolahan limbah padat industri petrokimia juga diperoleh saat menuntut gelar Master in Process and Environmental Engineering pada Massey University – Selandia Baru setelah menamatkan pendidikan S1 pada Teknik Gas dan Petrokimia, Universitas Indonesia.  Selain itu, beliau aktif dalam mengikuti berbagai pelatihan didalam dan luar negeri yang berkaitan dengan Leadership, Management & Environment. Saat ini beliau tercatat sebagai salah seorang staf pengajar tetap pada Departemen Teknik Kimia (dulu bernama  Gas & Petrokimia) pada sebuah pendidikan negri ternama di Depok untuk jenjang S1 , S2 serta S3.  Selain mengajar, beliau juga aktif sebagai trainer dan konsultan lingkungan pada berbagai lembaga konsultasi dan sudah menyelesaikan berbagai project yang berkaitan dengan Pengolahan Air Bersih, Pengolahan Limbah dan Lingkungan






    MANFAAT



    Praktisi pengelola pengolahan limbah dan emisi pada industri yang terkait dengan pengolahan minyak, gas dan bahan-bahan petrokimia.Para praktisi lingkungan hidup dan penulis AMDAL serta UKL UPL juga akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi tugas-tugas mereka.








    METODE



    Ceramah/kuliah, Diskusi, Studi kasus dan simulasi, Presentasi kelompok








    PESERTA



    Perencana, pengelola dan pelaksana pada pengolahan air limbah perumahan ataupun industry pengolahan minyak, gas dan petrokimia.








    INVESTASI




    • Rp. 3.500.000 – (Registrasi 1 minggu sebelum pelatihan)

    • Rp. 3.750.000 – (Full Registrasi)

    • Investasi  5 orang untuk 1 perusahaan/Group ,GRATIS investasi untuk orang ke- 6.






    Selasa, 09 November 2010

    ADVANCE PROCESS CONTROL, INSTRUMENTATION & METERING

    ADVANCE PROCESS CONTROL, INSTRUMENTATION AND METERING



    Hotel Golden Flower Bandung | 30 November – 3 December 2010 | Rp 8.250.000/peserta





     



    TRAINING MATERIAL OUTLINE :




    1. Introduction

    2. Advanced strategies

    3. Advanced Process Control

    4. Advanced Metering

    5. Application Advanced Process Control in Industries

    6. Interactive discussion



     



    TRAINING INSTRUCTOR



    Dr.Ir. Sutanto Hadisupadmo.MT.,IPM is a lecturer at Physics Engineering Bandung Institute of Technology (ITB), and has been as a Head of Laboratory of Industrial Instrumentation at ITB. He is former Director of Instrumentation Center and Technical Services of ITB. His education started at Engineering Physics, Bandung Institute of Technology (ITB-1977), then at Diplome Universite in Energetique, Universite de Prepignan, France (1985), Magister Engineering in Instrumentation and Control (ITB) and Doctor (ITB). He has over 20 years of experience doing training, consulting work in instrumentation, measurement, safety and process control and Mr. Sutanto has trained many training/courses for many companies in Indonesia such as PT. TOTAL Indonesie, Pertamina, PT. Petrokimia Gresik, PT. Badak LNG, PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Pupuk Kaltim, PT. Jaya Ancol and many others. As professional he has handled many projects in Instrumentation Process, Tools Evaluation, Transmitter, General Evaluation of Instrumentation Specification, Commercial Building Power Audit, Maintenance Management Evaluation, etc. To get more advance information and knowledge he has participated in domestic and overseas training, seminar, workshop and conference as participant or speakers.



     



    VENUE :



    Hotel Golden Flower Bandung



     



     



    TRAINING DURATION :



    4 days





     



    TRAINING TIME :



    30 November – 3 December 2010





     



    INVESTATION PRICE/PERSON :




    1. Rp 8.250.000/peserta (full fare)  atau

    2. Rp 8.000.000/peserta (early bird: yang membayar sebelum 23 November 2010) atau

    3. Rp 7.750.000/peserta ( untuk 3 orang peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)



     



    FACILITIES FOR PARTICIPANTS:




    1. Training Module

    2. Training CD contains training material and flash disk

    3. Certificate

    4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

    5. Jacket or waistcoat or T-Shirt

    6. Bag or backpackers

    7. Training Photo

    8. Training room with full AC facilities and multimedia

    9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

    10. Qualified instructor

    11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)



     



    Minggu, 07 November 2010

    PIPING & PIPELINE SYSTEM: DESIGN, SPECIFICATION, INSTALLATION & MAINTENANCE

    PIPING & PIPELINE SYSTEM: DESIGN, SPECIFICATION, INSTALLATION & MAINTENANCE



    Hotel Golden Flower  Bandung | 22 – 26 November 2010 | Rp 7.450.000/person
    Hotel Golden Flower Bandung | 13 – 17 December 2010 | Rp 7.450.000/person






    OBJECTIVE :



    After completion of training, participants will :
    •    Having knowledges more expanded in Piping and pipeline.
    •    Understanding parameters which determining of design.
    •    Be able to do material selection
    •    Understanding the fabrication ways of components and testing.
    •    Be able to handle critical problems related to piping and pipeline






    WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?



    •    Piping and Pipeline Engineers
    •    Operation Engineers
    •    Maintenance Engineers
    •    Production Engineers
    •    Technical Supports Engineers
    •    Technical Staffs
    •    Everyone who want to know and have interest in piping and pipeline system






    TRAINING MATERIAL OUTLINE :



    A.    Piping Design




    • 1.    Design Concept of Pipeline based on ASME B31.1 and ASME B31.3

    • 2.    Line Pipe Material Selection

    • 3.    Piping Fabricationa and Inspection

    • 4.    Mechanics of Fluids / Hydraulics Calculation and Piping Diameter Selection

    • 5.    Internal Pressure, Stress Analysis and Piping Thickness Determination

    • 6.    Plastic Deformation Analysis

    • 7.    Thermal Expansion Analysis

    • 8.    Vibration and Fatigue Analysis of the Piping

    • 9.    Piping Isometric, PFD and P&ID Basic Concept



    B.    Pipeline Design




    • 1.    Design Concept of Pipeline based on ASME B31.4 and ASME B31.4

    • 2.    Line Pipe Material Selection

    • 3.    Pipeline Fabricationa and Inspection

    • 4.    Gas and Oil Hydraulics Calculation and Pipeline Diameter Selection

    • 5.    Internal Pressure, Stress Analysis and Pipeline Thickness Determination

    • 6.    Plastic Deformation Anallysis

    • 7.    Thermal Expansion Analysis

    • 8.    Free Span Analysis

    • 9.    Vibration and Fatigue Analysis of the Pipeline

    • 10.    Coating and Cathodic Protection Design



    C.    Piping and Pipeline Components




    • 1.    Valves Criteria and Sizing Selections

    • 2.    Flanges and Elbow

    • 3.    Connector, Supports and Other Junctions

    • 4.    Piping Insulator and Coating Selection

    • 5.    Metering and Instrumentation System



     






    TRAINING INSTRUCTOR



    Dr. Ahmad Taufik, M.Eng.
    Dr.Ahmad Taufik,M.Eng. is Risk and Integrity Specialist, and  Chairman for Indonesian Society for Reliability (ISR). He got his doctorate program from Georgia Institute of Technology, Atlanta, USA (1996). He is now also a lecturer at Graduate Study Program at Bandung Institute of Technology (ITB) teaching for risk and integrity assessment related courses. He has been interacting with oil and gas companies for more than 10 years for training, consultant and project implementation. This much experiences in oil and gas industries will be shared by him in training class. Dr. Ahmad Taufik has much work experiences joining in some institution such as at Lloyd’s Register as Operation Manager, at PT. MMS, PT. Surveyor Indonesia and PT. AT Solusi as consultant and trainer. And at present Dr. Ahmad Taufik is an Asset Integrity Specialist for PT Pertamina PHE-ONWJ (formerly BP West Java, Indonesia). He has performed in depth study in integrity  research for pipeline, mechanical and pressurized system. He is member of ASM and ASME. He has wide interest including RBI, PIM, FTA, FMECA, RCA, RAM study and many other risk engineering areas. Dr. Ahmad Taufik has been chairman and speakers for many Oil and Gas International Conferences in Indonesia, (INDOPIPE, MAPREC), Malaysia (ASCOPE), Singapore and China (IPTEC) for the last five years. He has taught many training class on his expertise topics for many companies in Indonesia.



     



    VENUE :



    Hotel Golden Flower  Bandung






    TRAINING DURATION :



    5 days






    TRAINING TIME :



    22 – 26 November 2010



    13 – 17 December 2010






    INVESTATION PRICE/ PERSON :



    November 2010 :
    1.    Rp 7.450.000/person (full fare)  or
    2.    Rp 7.250.000/person (early bird, payment before 15 November 2010) or
    3.    Rp 6.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)



    Desember 2010 :



    1.      Rp 7.450.000/person (full fare)  or
    2.      Rp 7.250.000/person (early bird, payment before 6 December 2010) or
    3.      Rp 6.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)






    FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
    1.    Training Module
    2.    Training CD Contains Training Material
    3.    Certificate
    4.    Stationeries: NoteBook and Ballpoint
    5.    Jacket or Waistcoat or T-Shirt
    6.    Bag or Backpackers
    7.    Training Photo
    8.    Training Room with Full AC Facilities and multimedia
    9.    Once lunch and twice coffeebreak every day of training
    10.  Qualified and experienced instructor
    11. Transportation for participants from hotel of participants to/from venue of training(if minimal number of participants from one company is 4 persons)