Rabu, 30 Maret 2011

CONTRACT MANAGEMENT, STRATEGY & ADMINISTRASI FOR OIL & GAS- (Pasti Jalan)

CONTRACT MANAGEMENT, STRATEGY & ADMINISTRASI FOR OIL & GAS



Hotel Puri Artha, Yogyakarta /Hotel Metro ,Semarang|26-28 April 2011 | IDR 4.500.000,-


 


DESKRIPSI


Hukum Kontrak Manajemen di bidang Minyak & Gas adalah suatu aspek kritis yang dapat menyebabkan terobosan besar dalam anggaran organisasi karena proses litigasi mahal dan proses penyelesaian sengketa. Sebuah pengamatan yang baik dan analisis secara keseluruhan draf kontrak untuk menghapus ambiguitas dan klausa berisiko dapat membuat perbedaan penting untuk keberhasilan atau kegagalan bottom line organisasi.


Pelatihan ini akan menjelaskan semua aspek pembentukan kontrak, pelaksanaan dan penyelesaian sengketa. Peserta akan belajar mitigasi risiko, strategi manajemen, dan karakteristik dari berbagai jenis kontrak sehingga akan memberikan peserta pemahaman lengkap tentang hukum kontrak yang memungkinkan mereka untuk menjadi negosiator handal.


 


MATERI




  1. Introduction

  2. Esensi dan elemen kunci dari Kontrak Oil & Gas

  3. Proses pembentukan kontrak Oil & Gas

  4. Klausul Kontrak dan Isu Terkait tentang Oil & Gas

  5. Memahami dokumen kontrak Oil & Gas

  6. Manajemen Risiko melalui perangkat hukum

  7. Ganti rugi dan klausa Release

  8. Hukum kontrak dan negosiasi

  9. Hukum yang berlaku

  10. Menghindari dan mengelola sengketa

  11. Cara-cara Penyelesaian Sengketa

  12. Penegakan proses


 


PESERTA




  • Eksekutif / Manajer berurusan dengan semua jenis kontrak Minyak dan Gas,

  • Legal officers & advisers untuk perusahaan Minyak dan Gas

  • Manajer Keuangan

  • Manajer Pengadaan, Pejabat, Eksekutif

  • Direktur Operasi, Manajer Eksekutif

  • Engineers involved in: Planning, Development & Facilities Management


 


KOORDINATOR


Nurjihad, SH, MH




 


FASILITAS




  • Certificate, Training Kit, Module / Handout, Lunch, Coffee Break, Souvenir

  • (Untuk peserta luar kota disediakan tranportasi antar - jemput terminal / bandara / stasiun)


 


METODE


Presentation,Discussion, Case Study, Evaluation, Pre-Test & Post-Test


 


INVESTASI


Rp. 4.500.000,- /orang (Non-Residential)


INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURES LIBRARY (IT-IL)

INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURES LIBRARY (IT-IL)


Hotel Ibis Slipi - Jakarta |Kamis-Jumat, 12-13 Mei 2011| 09 - 17.00 WIB | Rp.3.000.000,-


 


Tinjauan Pelatihan:


Information Technology Infrastructure Library suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.


Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).


Memahami Information Technology Infrastructures Library (ITIL), dapat mengatur dan mengoptimalkan divisi IT mereka sehingga dapat bekerja dengan lebih efektif dan efficient


 


MATERI PELATIHAN:



THE ITIL VALUE PROPOSITION




  • The ITIL service management practices

  • What is a service?

  • Navigating the ITIL Service Management Lifecycle


CORE GUIDANCE TOPICS




  • Service Strategy

  • Service Design

  • Service Transition

  • Service Operation

  • Continual Service Improvement

  • Lifecycle quality control

  • ITIL conformance adaptation

  • Getting started – Service Lifecycle principles

  • The ITIL Service Management Lifecycle – core of practice

  • Functions and Processes across the lifecycle


SERVICE STRATEGY — GOVERNANCE AND DECISION-MAKING




  • Strategic assessment

  • Developing strategic c4abilities

  • Service Provider types – matching need to capability

  • Services as assets – value creation

  • Defining the market space

  • Service Portfolios

  • Service outsourcing – practical decision-making

  • Return on investment ROI)

  • Financial Management

  • Increasing service potential

  • Organizational development



SERVICE DESIGN – BUILDING STRUCTURAL SERVICE INTEGRITY




  • Business value

  • Five aspects of Service Design

  • Identifying service requirements

  • Service Design models

  • Delivery model options

  • Service Catalogue Management

  • Service Level Management

  • Capacity Management

  • Availability Management

  • IT Service Continuity Management

  • Information Security Management

  • Supplier Management


SERVICE TRANSITION PREPARING FOR CHANGE




  • Transition Planning and Support

  • Change Management

  • Assets and Configuration Management

  • Release and Deployment Management

  • Service Validation and Testing Releases


SERVICE OPERATION




  • Business value

  • Event Management

  • Incident Management

  • Request Fulfillment

  • Problem Management

  • Access Management

  • Service Operation functions

  • IT Operations Management

  • Application Management

  • Service Operation and project Management

  • Assessing and managing risk Service Operation

  • Operational staff in Service and Transition


CONTINUAL SERVICE IMPROVEMENT




  • Purpose of CSI

  • CSI objectives

  • Business drivers

  • Technology drivers

  • Service measurement

  • Continual Service improvement processes

  • Service reporting

  • Complementary guidance

  • ITIL and other frameworks, practices and standards


THE ITIL SERVICE MANAGEMENT MODEL




  • Model element types

  • Basic elements

  • Creating a service

  • Strategy generation

  • Deciding the course & action to create a new service


 


INSTRUCTOR:


Setiabudi, ST  (IT Expert )


Beliau adalah Profesional IT yang telah mempunyai pengalaman belasan tahun dalam mengerjakan beberapa proyek dengan berbagai perusahaan, pemerintahan, organisasi baik  nasional maupun multinasional yang berhubungan dengan Master Plan Compilation, Asset Management, Assurance & Audit, Product Development, Database Management, System Development, Master Plan Compilation, Human Resources Information System, Administration Aplication Automation. Beliau juga telah banyak memberikan pelatihan kepada banyak perusahaan maupun institusi dengan berbagai kebutuhan dalam bidang pengembangan IT.


 


JADWAL & TEMPAT :


Kamis-Jumat, 12-13 Mei 2011
09 - 17.00 WIB
Hotel Ibis Slipi - Jakarta


 


Investasi :




  • Rp. 3.000.000,-/peserta (tidak termasuk penginapan)

  • Including : Sertificate,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snacks.

  • Bayar 4, peserta ke 5 gratis.


 


 


IT STRATEGY MASTER PLAN

IT STRATEGY MASTER PLAN


Hotel Ibis Slipi - Jakarta |Kamis-Jumat, 19-20 Mei 2011| 09 - 17.00 WIB | Rp.3.000.000,-


 


Tinjauan Pelatihan:


Memahami bagaimana mensinergikan antara “bahasa” bisnis dan TI sehingga pihak TI dapat “membantu” dunia bisnis.Dengan demikian maka rencana bisnis (business plan) diterjemahkan ke dalam rencana terperinci TI yang menjabarkan strategi jangka pendek dan jangka panjang. Memahami teknik/alat yang dapat digunakan dalam membuat IT Master Plan ini.


 


MATERI PELATIHAN:




  1. Business Strategy

  2. Strategic System

  3. Information Technology and Re-engineering

  4. IT as enabler in the organization

  5. Information Technology Planning

  6. Detail action plan (Long term and short term)

  7. IT Policy & other standard

  8. IT Organization & Job description

  9. IT Resources development planning

  10. Global Information Technology


Workshop ini akan banyak menggunakan pelatihan dalam bentuk kertas kerja dan beberapa latihan lainnya.


 


INSTRUCTOR:


Setiabudi, ST  (IT Expert )


Beliau adalah Profesional IT yang telah mempunyai pengalaman belasan tahun dalam mengerjakan beberapa proyek dengan berbagai perusahaan, pemerintahan, organisasi baik  nasional maupun multinasional yang berhubungan dengan Master Plan Compilation, Asset Management, Assurance & Audit, Product Development, Database Management, System Development, Master Plan Compilation, Human Resources Information System, Administration Aplication Automation. Beliau juga telah banyak memberikan pelatihan kepada banyak perusahaan maupun institusi dengan berbagai kebutuhan dalam bidang pengembangan IT.


 


JADWAL & TEMPAT :


Kamis-Jumat, 19-20 Mei 2011
09 - 17.00 WIB
Hotel Ibis Slipi - Jakarta


 


Investasi :




  • Rp. 3.000.000,-/peserta (tidak termasuk penginapan)

  • Including : Sertificate,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snacks.

  • Bayar 4, peserta ke 5 gratis.


 


 


ASSET MANAGEMENT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

ASSET MANAGEMENT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI - BANDUNG




Hotel Sensa Ciwalk – Cihampelas Bandung |Selasa-Rabu, 21-22 Juni 2011| 09 - 17.00 WIB | Rp.3.000.000,-


 




Pengantar


Sama halnya dengan inventory, asset perusahaan memiliki nilai kapital yang besar dan sangat menunjang proses bisnis perusahaan. Mulai dari meja, kursi, komputer, laptop, printer, kendaraan bermotor, mesin produksi, alat berat dan lainnya.  Walaupun saat ini untuk beberapa jenis asset perusahaan telah menggunakan jasa outsourcing dan leasing, tapi pada kenyataannya perusahaan tetap memiliki beberapa asset yang perlu dikelola dengan baik.


Sudah saatnya perusahaan mengelola asset dengan mengoptimalkan teknologi, Mulai dari database management yang bisa mencatat dan mengupdate status asset, pemeliharaan asset, penyusutan, mutasi dan rotasi asset, serta status custody dan user. Selain itu penggunaan barcoding atau RFID bisa mempermudah monitoring asset dan mapping lokasi asset di perusahaan.


 


Tujuan Pelatihan


Dalam pelatihan ini para peserta akan diajarkan untuk memahami, mengembangkan, dan menyeleksi vendor penyedia jasa layanan e-procurement, sehingga pada akhirnya perusahaan dapat mengembangkan system e-procurement yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.  Pelatihan ini disampaikan oleh 2 (dua) orang nara sumber yang memiliki background sebagai user (procurement expert) dan developer system (IT expert).


 


Manfaat Pelatihan


Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:




  1. Memahami prinsip, konsep, dan manfaat asset management berbasis teknologi

  2. Memahami cara kerja aplikasi asset management

  3. Memahami tahapan pengembangan dan pemilihan teknologi yang sesuai

  4. Memahami bagaimana proses seleksi dan evaluasi provider asset management berbasis teknologi

  5. Menerapkan otomatisasi asset management



 


Pelatihan ini ditujukan kepada Para Profesional di bidang:




  1. Supply Chain, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian, Finance, GA Unit

  2. MIS, System Analyst, dan IT

  3. Internal Auditor, Internal Control, Compliance Unit

  4. Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses procurement dan pengembangan system

  5. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.


 


Metode Pelatihan


Class presentation, inter-active discussion, real case study analysis, video presentation, dan demo modul Asset Management



 


SILABUS PELATIHAN:




  1. Asset Management review

    • corporate asset management principles

    • Konsep otomatisasi Asset Management

    • Analisa manfaat dan kegunaan pengunaan teknologi

    • Pencatatan aktiva tetap dan prinsip penyusutan



  2. Custodian Rules

    • Tactical asset management decision making.

    • Tugas dan tanggung jawab Asset Custodian

    • Koordinasi dengan user

    • Pelaporan asset



  3. Administrasi dan Database Asset

    • Ideal Filing system

    • Integrated Coding system

    • Asset mapping

    • Peminjaman sementara dan pengembalian ke custodian



  4. Pemakaian dan Pemeliharaan Asset

    • Equipment maintenance

    • Inventory monitoring

    • Building  management

    • Check list perawatan dan pemeliharaan asset

    • Automatic reminder system



  5. Pemeriksaan  dan Audit Asset

    • Asset allocation analysis

    • Prosedur audit asset

    • Pemeriksaan komprehensif dan berkala

    • Form audit asset



  6. Arsitektur System Asset Management

    • Blue print system Asset Management

    • Konfigurasi hardware dan software

    • Keterkaitan Asset Management dengan ERP dan system perusahaan

    • Fleksibilitas pengembangan system



  7. Software Asset Management

    • Identifikasi kebutuhan software

    • Evaluasi harga dan features program

    • Seleksi dan evaluasi kapasitas calon Vendor

    • Terms and conditions



  8. Penerapan Barcode, RFID, dan GPS

    • Otomatisasi asset label berbasis barcoding atau RFID

    • Perbandingan Label konvensional versus label Barcoding atau RFID

    • Penggunaan GPS untuk monitoring mobile asset

    • Analisa biaya investasi

    • Analisa manfaat otomatisasi asset management



  9. Asset Mapping dan Asset Tracking

    • Asset mapping dalam skema building management

    • Asset mapping dalam skala jaringan perusahaan

    • Asset tracking

    • Konfigurasi system and how its works



  10. Admin Menu

    • Menu administrator

    • Menu user internal

    • Menu member Vendor



  11. Security system

    • Keamanan system

    • Open sources dan resikonya

    • Kontrol dan proteksi system

    • Level akses user



  12. Demo modul Asset Management

    • Demo aplikasi Asset Management yang dikembangkan oleh Trainer IT

    • Peserta mencoba menggunakan modul tersebut

    • Peserta berdiskusi dengan nara sumber tentang bagaimana tampilan, konfigurasi system, menu program, biaya investasi, dan cara mengembangkan modul Asset Management yang ideal





 


RUN DOWN ACARA


Hari pertama


Trainer: Deni Danasenjaya


08.00 - 08.30      Registrasi peserta


08.30 - 10.15      Asset Management review


10.15 - 10.30      Coffee break


10.30 - 12.00      Custodian Rules, Administrasi dan Database Asset


12.00 - 13.00      Break and lunch


13.00 - 15.00      Pemakaian dan Pemeliharaan Asset


15.00 - 15.15      Coffee break


15.15 - 16.30      Pemeriksaan  dan Audit Asset


16.30 - 17.00      Case study, discussion, and feed back


 


Hari kedua


Trainer: Setiabudi


08.30 - 10.15      Arsitektur System dan Software Asset Management


10.15 - 10.30      Coffee break


10.30 - 12.00      Penerapan Barcode, RFID, GPS, Asset Mapping, dan Asset Tracking


12.00 - 13.00      Break and lunch


13.00 - 15.00       Admin Menu and Security system


15.00 - 15.15      Coffee break


15.15 - 16.30      Demo modul Asset Management


16.30 - 17.00      Case study, discussion, and feed back


 


 


Trainer/Fasilitator


Deni Danasenjaya, SE, MM (Supply Chain Expert)


Beliau adalah praktisi yang telah lama menggeluti bidang Asset Management, Procurement, Purchasing, Logistik selama belasan tahun, dengan pengalaman sebagai senior manager pada berbagai perusahaan, dan organisasi, dan telah banyak memberikan pelatihan yang berhubungan dengan kompetensi beliau bagi banyak perusahaan,organisasi, pemerintahan, dll.


Setiabudi, ST  (IT Expert )


Beliau adalah Profesional IT yang telah mempunyai pengalaman belasan tahun dalam mengerjakan beberapa proyek dengan berbagai perusahaan, pemerintahan, organisasi baik  nasional maupun multinasional yang berhubungan dengan Asset Management, Assurance & Audit, Product Development, Database Management, System Development, Master Plan Compilation, Human Resources Information System, Administration Aplication Automation. Beliau juga telah banyak memberikan pelatihan kepada banyak perusahaan maupun institusi yang berhubungan dengan Asset Management, System Informasi Terpadu, dll.


 


 


WORKSHOP 2 HARI


ASSET MANAGEMENT BERBASIS TEKNOLOGI - BANDUNG




 


Jadwal & Tempat :


Selasa-Rabu, 21-22 Juni 2011
09 - 17.00 WIB
Hotel Sensa Ciwalk – Cihampelas Bandung


 


Investasi :


Rp. 3.000.000,-
Bayar 4, peserta ke 5 gratis.
Including : Sertifikat,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snack.


 


Excellent Automation Process with Visual Basic Application For Excel 2007

Excellent Automation Process with Visual Basic Application For Excel 2007

Aryaduta Hotel Semanggi / Santika Hotel Jakarta|23  - 25 Mei 2011 | 08.30 – 16.30 | Rp 3.950.000,-



 


Pengolahan database yang kompleks dengan menggunakan sejumlah sheet, bahkan menggunakan sejumlah file workbook (*.xls, *.xlsx) ditambah rumus, formula dan metode yang digunakan dalam aplikasi Excel dan dikerjakan secara berulang-ulang (rutin), akan sangat merepotkan bila dilakukan dengan penggunaan fungsi atau formula yang dituliskan satu per satu dalam suatu cell address.


Hal ini menyebabkan perlambatan proses pada saat proses entry data untuk new transaction dengan proses yang sama dengan transaksi sebelumnya, yang laporannya sudah ditetapkan dalam format form - form yang sudah menjadi standar dalam suatu organisasi.


Selain itu, metode tersebut sangat rentan terhadap perubahan – perubahan yang tidak disengaja ataupun disengaja, baik dari aspek tampilan yang sudah ditetapkan ataupun formula - formula yang digunakan.


Untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan konsep pemrograman dengan menggunakan Visual Basic for Application (VBA) di dalam Excel 2007.


Penerapan konsep VBA di dalam pekerjaan sehari-hari, pertama ; penyelesaian beberapa pekerjaan sekaligus jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan dilakukan secara manual, kedua ; dapat menghemat tenaga, karena prosesnya dilakukan secara automation full, ketiga ; program secara konsisten akan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus berdasarkan sekumpulan perintah yang sudah ditulis dalam format Visual Basic code program, sehingga sangat mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi, karena kesalahan hanya dapat terjadi pada saat menuliskan code program tersebut.


 


OBJECTIVES
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :




  1. Mengetahui dan memahami konsep pembuatan VBA dalam aplikasi Excel 2007 dengan berbagai cara atau metode.

  2. Menambahkan group baru di dalam menu tab ribbon yang sudah ada.

  3. Membuat menu tab ribbon baru untuk proses VBA Link.

  4. Mengetahui dan memahami tipe-tipe data dalam Visual Basic.

  5. Mengetahui dan memahami tipe-tipe data dalam Macro Sheet.

  6. Membuat dan menggunakan variable name dan constant name.

  7. Membuat dan menggunakan nama fungsi dan procedure di dalam Visual Basic Editor (VBE).

  8. Membuat dan menggunakan property dan event procedure.

  9. Membuat program seleksi vendor berdasarkan harga pembelian termurah, untuk lebih dari 10 vendor dan untuk lebih dari 10 item barang.

  10. Membuat dan menggunakan database management application.

  11. Membuat dan menggunakan sales application.

  12. Melakukan proteksi pada aplikasi – aplikasi yang sudah dibuat.




WHO SHOULD ATTEND


Staff dan Leader yang sudah mengikuti pelatihan :
i) Mastering Microsoft Excel 2007 Beyond For Office Automation, atau
ii) Power Full Data Analysis and Reporting with Excel 2007, atau
iiii) Sudah pernah memahami bahasa pemrograman Visual Basic


 


TRAINING METHOD
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.




  1. 20% Theory

  2. 80% Practices ( Case study of Finance, HRD, Purchasing, etc ).

  3. Dynamic and interactive training presentation




TRAINING SYLLABUS




  1. INTRODUCTION AND UNDERSTANDING OF VISUAL BASIC FOR APPLICATION EXCEL 2007 CONCEPT.

  2. HOW CREATE NEW GROUP FOR MENU TAB RIBBON.

  3. HOW CREATE NEW MENU TAB RIBBON FOR VBA LINK PROCESS.

  4. INTRODUCTION AND UNDERSTANDING DATA TYPES OF VISUAL BASIC.

  5. INTRODUCTION AND UNDERSTANDING DATA TYPES OF MACRO SHEET.

  6. HOW CREATE AND USING VARIABLE NAME AND CONSTANT NAME.

  7. HOW CREATE AND USING PROCEDURE NAME IN VISUAL BASIC EDITOR (VBE).

  8. HOW CREATE AND USING FUNCTION NAME IN VISUAL BASIC EDITOR (VBE).

  9. HOW CREATE AND USING PROPERTY TOOLS OBJECT.

  10. HOW CREATE AND USING EVENT PROCEDURE.

  11. HOW CREATE PROGRAM SELECTION VENDOR BASED ON PURCHASES PRICE LOWEST FOR MORE THAN TEN SUPPLIER AND MORE THAN TEN PART ITEM.

  12. HOW CREATE AND USING DATABASE MANAGEMENT APPLICATION.

  13. HOW CREATE AND USING SALES APPLICATION.

  14. HOW CREATE AND USING MAIN MENU APPLICATION.

  15. HOW CREATE PROTECTION FOR MAIN MENU APPLICATIONS.


 


LEAD FACILITATOR


ERAWAN SUPRIATNA, S. KOM


Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain di PT. Asiana IMI Industries, Tbk., PT. COMBIPHAR, di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company). Pernah menjabat sebagai Manager EDP dan Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Direktur di PT. Target Digital Solusindo. Beliau juga pernah memberikan pelatihan sebagai berikut : Mastering Microsoft Excel 2007 : Beyong Basic For Office Automation, Powerfull Data Analysis & Dashboard Reporting with Ms. Excel 2007, COBOL Programming, RPG Programming, FORTRAN Programming, RDBMS With SQL 2000, System Analyst and Design, VB6 Database programming, VF9 Database Programming, IT Security, ITIL, COBIT, dan lain-lain. Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping dan NLP di bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah, pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.


 


Date




  • 23 - 25  May 2011  08.30 – 16.30


 


Venue


Aryaduta Hotel Semanggi / Santika Hotel Jakarta


 


Investment :


May :

  • Rp 3.950.000,- /Person

  • Early Bird : Rp 3.800.000,- (Paid 5 days  Before 23 May,2011)

  • Group Price : Rp11.000.000,- (3 participants from the same company)


 


Selasa, 29 Maret 2011

MATERIAL MANAGEMENT FOR PROJECT

MATERIAL MANAGEMENT FOR PROJECT


Hotel Golden Flower Bandung | 13 – 16 Juni 2011| Rp 6.250.000/person


 


SASARAN TRAINING :
Sasaran dari training ini adalah memberikan kemampuan analisis dan praktis tentang pengelolaan yang efektif dan efisien dari material-material pada suatu proyek.


 


CAKUPAN MATERI  TRAINING :




  1. Overview Principles of Material Management

    • a.    Objective of Material Management

    • b.    Function of Material Management

    • c.    Scope of Material Management



  2. Material Planning

    • a.    Project Material Requirement

    • b.    Schedule of Material

    • c.    Supplier Selection/Criteria and Procedure



  3. Purchasing

    • a.    Schedule of Material Purchasing and Procedure



    • b.    Financial Issues



  4. Inventory

    • a.    Location Selection

    • b.    Material Fascility Design

    • c.    Receiving, Handling, Issuing, Delivering Procedure



  5. Material Disposal

    • a.    Handling

    • b.    Report




 


PARTICIPANTS :
a.    Pernah terlibat dalam pelaksanaan proyek.
b.    Latar belakang pendidikan Teknik dan atau Ekonomi.
c.    Atau seluruh pihak yang perlu memahami tentang manajemen material untuk suatu projek


 


INSTRUCTOR :


Ir. Iim Takwim, MM.


Ir. Iim Takwim, MM,  sarjana lulusan Universitas Pasundan adalah Ketua Program Studi Teknik Industri pada STT Jabar serta Lecture  of  Production System, Management Information System, Simulation System, Product Design System, Product Design of Facilities, Research of Operation,  System of  Performances  Analysis, Feasibility Study of  Industries, Inventory Control and Network Planning, Performance and Productivites of Management Industries. Begitu banyak  pengalaman  profesi beliau di berbagai  bidang  industri , antara lain :




  • Production System & Procedures Plan of Manufacturing   at PT. IPTN

  • Technical Staff  of Industrial Engineering Division at PT. IPTN (Sub-Contractors,   Off-Load and Industrial Domestic Guidance

  • Assisstant  Manager of HRD  of  Textile Industry

  • Manager of Production in Garments Industry at PT. Fit-U

  • Production Manager and Junior Consultan of ISO 9001

  • Berbagai  topic Training dan  Scientific Work beliau,  antara lain :

  • Instructure Bar-chat and  Line Balancing Job Establishment and Grading System

  • Awareness and Introduction of   ISO 9001 : 2000 (QMS)

  • Junior of  Management Representative ISO 9001 : 2000 of Production

  • Iron Casting Technology at IRDMMI/MIDC and JICA-Jepang

  • Management Strategi and Competency

  • Total Quality Management

  • Logistic and Supply Change Management (SCM)

  • Integreted System of Industrial Management

  • Cost Of Project  and Tools Management

  • Corporate Social Responsibility

  • Six and Lean Sigma

  • Competency Of Professional-SDM, serta banyak lagi lainnya.


 


VENUE :


Hotel Golden Flower Bandung


 


TRAINING DURATION :


4 days


 


TRAINING TIME :


13 – 16 Juni 2011


 


INVESTATION PRICE/PERSON :




  1. Rp 6.250.000/person (full fare)  atau

  2. Rp 6.000.000/person (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau

  3. Rp 5.750.000/person (peserta bergroup 3 orang atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)


 


FACILITIES FOR PARTICIPANTS :




  1. Modul Training

  2. Flashdisk Training berisi materi training

  3. Sertifikat

  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint

  5. T-Shirt

  6. Ransel

  7. Foto Training

  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia

  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak

  10. Instruktur yang Qualified

  11. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training – PP (jika peserta minimal dari satu perusahaan ada 4 peserta)


 


GAS TURBINE: Theory and Maintenance

GAS  TURBINE: Theory and Maintenance
Bandung |Mei 03-06, 2011 | IDR 8.250.000,-/ Person
Bandung |June 14-17, 2011 | IDR 8.250.000,-/ Person
Bandung |September 20-23, 2011 | IDR 8.250.000,-/ Person






Overview of Gas Turbines

  • • Industrial heavy duty gas turbines

  • • Aircraft-derivative gas turbines

  • • Medium range gas turbines

  • • Major gas turbine components

  • • Heat recovery steam generators


Fundamental Thermodynamics

  • • Reversible cycles with ideal gases

  • • Actual gas turbine cycles

  • • Air compressor performance characteristics

  • • Combustion processes

  • • Gas turbine performance calculations

  • • Comparison of basic specifications


Mechanical Equipment Standards

  • • Applicable API standards

  • • AINSI PTC22

  • • International standards (ISO)

  • • Specifications


Gas Turbine Components

  • • Axial-flow compressor

  • • Radial-inflow turbines

  • • Combustors, construction, types

  • • Ignitors

  • • Fuel nozzles

  • • Hot path components

  • • Axial-flow turbine

  • • Firing concepts and emission control


Materials of Construction

  • • General metallurgical behavior

  • • Gas turbine blade materials

  • • Turbine wheel alloys

  • • Corrosion problems

  • • Wear problems

  • • Future materials

  • • Coating technology


Bearings and Seals

  • • Bearing design principles

  • • Bearing materials

  • • Non-contacting seals

  • • Mechanical seals


Lubrication System

  • • Basic components

  • • Oil cooling/warming

  • • Oil cleaning and conditioning

  • • Lube oil selection


Fuels and Fuel Supply Systems

  • • Fuel specifications

  • • Fuel properties

  • • Fuel treatment

  • • Heavy fuels

  • • Fuel measurement

  • • Fuel supply systems

  • • Cleaning of turbine components


Combustion Air Filters

  • • Combustion air quality requirements

  • • Function of gas turbine air filters

  • • Environment and type of inlet filters

  • • Selection principles

  • • Operation and maintenance


Exhaust Systems

  • • Sound abatement

  • • Inspection openings

  • • Chimneys


Auxiliary Components and Systems

  • • Starting systems

  • • Washing systems

  • • Gear boxes

  • • Couplings


Control Systems and Instrumentation

  • • Pressure measurement

  • • Temperature measurement

  • • Vibration measurement

  • • Performance measurement

  • • Control systems

  • • Monitoring and diagnostic systems


Gas Turbine Operations and Maintenance

  • • Operating philosophies

  • • Analytical on-line condition monitoring

  • • Borescopy

  • • Selecting maintenance approaches

  • • Maintenance planning

  • • Spare parts and special tools

  • • Inspection, overhaul and repair

  • • Maintenance control and documentation

  • • Evaluating gas turbine maintenance effectiveness

  • • Establishing and tracking performance indices





Instructor

This specially designed course will be conducted by DR. IR. Tri Yus Wijayanto Zaenuri is an expert in Combustion Engine, Propulsion System and Fluidal Mechanic, who has a career in this engineering field for more than 15 years. He graduated from mechanical engineering, Institut Teknologi Bandung in 1987 and continued his study in Technische Universitaet Clausthal, Clausthal-Zellerfeld , Germany until he got the "Doktor Ingenier" (Dr.Ing) title in Tribology and Kinematics (Reibungstechnik und Maschinenkinetik) on 2000. He is the Head of Combustion Engine and Propulsion System Laboratory in Institut Teknologi Bandung. He is active in projects that arranged by the cooperation with educational institutions, government and private company.





General Information

Certificate of Appreciation

All attendees will receive a certificate of appreciation attesting to their participant in the training. This certificate will be providing in exchange for a completed training questionnaire.





Documentation

  • Quality training material kits will be on registration, additional papers, & handouts assignment by Our Partner.

  • Note-taking by participants is encourage. However, to ensure free and open discussions, no formal records will be kept.

  • Casual clothing is recommended. The training atmosphere is informal.





Facilities

  • Quality training material (hardcopy and softcopy)

  • Quality training kits included calculator, T-shirt or jacket, cap, ect.

  • Interactive presentation with discussion

  • Convenient training facilities with five star quality

  • Lunch per day

  • Morning and afternoon coffee / tea breaks for along the training

  • Certificate of Completion

  • Local drop and pick up for arrival and departure between airport to hotel.

  • Half day city tour at the end of training session following by dinner with entertainment  (Optional)

  • Exclusive flash disk.





Tuition Fee & Registration  Deadline

  • IDR 8.250.000,-/ Person

  • Registration deadline a weeks before training held.





Minimum Participant

This training will be conducted if we receive registration letter from 3 (three) participants (Minimum)


Advanced Process Control - YOGYAKARTA

Advanced Process Control - YOGYAKARTA
Hotel Grage Ramayana Malioboro Yogyakarta | Yogyakarta, 26 – 28 April  2011 IDR 4.500.000,-

 


DESKRIPSI



PID Controller has been applied in major process industries worldwide since 1940. This controller is still the main controller in the process industries, although the hardware has changed from the stand analog/digital alone controller to distributed control systems (DCS) or programmable logic controller (PLC). The success of the PID controller relies on its simple algorithm but produces high control performances even for different application areas in industries. One main interesting feature of the PID controller is its ability to receive enhancement without any major changes in its basic algorithm form. Therefore the PID controller can be enhanced without replacing the controller itself.


To achieve enhancements, it requires additional process insight, which is developed through increased engineering analysis and effort. The additional effort can be richly rewarded because the enhancement can substantially improve control performance, reducing the integral errors and maximum deviation. The success of the enhancement depends on the quality of the engineering analysis: the accuracy of process insight and the application of the design principles.


In this training program, it will be discussed and covered the enhancement of the PID controller which is known as Advanced Process Control. This training is not similar to Process Control that covers PID algorithm and the well known tuning methods: Trial error, Ziegler-Nicholls and Cohen-Coon. However, Advanced Process Control covers material where that well known tuning methods fail to satisfy the required high performance for complex process control.


 


OBJECTIVES




  1. Understand the concept of advanced process control

  2. Understand Cascade, Ratio and Feed forward control

  3. Understand the concept of advanced PID controller

  4. Identify the requirement for open loop and closed loop stability

  5. Understand the concept of advanced PID controller

  6. Use advanced PID controller tuning

  7. Know the implementation of advanced PID controller and advanced tuning


 


MATERI




  1. Review to Process Control

  2. Cascade Control

  3. Ratio Control

  4. Feed forward Control

  5. Advanced Types of PID Controller

  6. Performance of Control Systems

  7. Advanced PID Tuning

  8. PID Auto-tuning

  9. Optimal PID tuning

  10. PID for Multi Input Multi Output Plan


 


 


PARTICIPANTS




  1. Instrumentation Engineers & Technicians

  2. Design and Process Engineers

  3. Operation Engineer

  4. Asset Manager Team members

  5. Maintenance Manager/Superintendent & Supervisor

  6. Everybody who are responsible to select, specify, design, operate, maintain, process instrumentation & control system


 


 


METHOD


Lecturing, workshop, konsultasi interaktif, dan praktek MC


 


INSTRUKTUR


Tugino, ST MT


 


WAKTU




  • Yogyakarta, 29 - 31  Maret 2011

  • Yogyakarta, 26 – 28 April  2011


 

TEMPAT


Hotel Grage Ramayana Malioboro Yogyakarta


 


INVESTASI




  • IDR 4.500.000 – (non residential )

  • (termasuk picking-up service dari Bandara/Stasiun KA ke hotel, training modul, training kit, 2x coffee break, 1x lunch, souvenir, dan sertifikat)


 



GREEN BELT SYSTEM

GREEN BELT SYSTEM





Yogyakarta| Batch II : 7 – 9 Juni 2011| 08:00-16:00 WIB |Rp 4.150,000,-/peserta (Non resindential)


 


Description


Green Belt merupakan istilah yang biasa digunakan dalam proses perbaikan dengan konsep Six Sigma. Penggunaan istilah green belt merupakan kelanjutan analogi dari tingkatan ilmu bela diri. Dari black belt, dimana green belt untuk mewakili posisi yang sedikit dibawah black belt. Karakteristik itu antara lain bahwa orang tersebut harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan metode statistik dan analitis, memiliki pemahaman akan proses dan bisnis di tempat ia bekerja, memahami project management, mempunyai skill kepemimpinan yang kuat serta punya fire in the belly (alias semangat 45) untuk melakukan perbaikan. Dalam implementasi six sigma, seorang (atau lebih) black belt adalah ujung tombak dalam melakukan perbaikan. Ia adalah pemimpin tim yang ditugaskan dalam melakukan peningkatan efisiensi dan efektivitas bisnis. Dalam Training ini akan disampaikan bagaimana melakukan implementasi konsep Six Sigma dari green bel hingga mencapai black belt unrtuk mencapai tujuan yaitu perbaikan.


 


Tujuan


Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk para praktisi green belt six sigma agar dapat melaksanakan suatu proyek perbaikan teknis.


 


Materi




  1. Apa itu Six Sigma, Konsep, Metodologi & Sejarah

  2. Six Sigma sebagai inisiatif strategis

  3. DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control)

  4. Proses tim yang efektif

  5. Mengetahui  kebutuhan pelanggan

  6. Menterjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam ukuran kinerja ditindaklanjuti

  7. Langkah demi langkah pengumpulan data

  8. Statistik Dasar (Test of Indevendent, ANOVA/korelasi dan regresi, Analisa proses dan pengujian hipotesa, Control Chart)

  9. Kemampuan Proses dan pemetaan proses

  10. Mengidentifikasi solusi terbaik dan konfigurasi terbaik menggunakan DOE (Design of Experiment)

  11. Memastikan upaya pelaksanaan dengan benar dan berkelanjutan


 


Peserta


Para eksekutif, Manajer, supervisor dan staf dari tim pengembangan mutu serta pengembangan organisasi six sigma. (para peserta minimal memahami konsep dasar Six Sigma dan mampu mengoperasikan komputer)


 


Instruktur :


Ir. Elisa Kusrini, MT


Instruktur merupakan prakrisi ahli dalam bidang industrial. Terbiasa memberikan materi dalam berbagai training berhubungan dengan materi industrial dan beliau mempunyai sertifikasi dari APICS




Course Method




  • Presentasi

  • Diskusi

  • Studi Kasus

  • Evaluasi


 


Fee:




  • Pelatihan Reguler  (NON RESIDENTIAL)

  • Rp. 4.150.000,-/nett per participant  non  residential

  • Rp 3.850.000,-/3 peserta dari perusahaan yang sama


 


Waktu dan Tempat Pelaksanaan :




  • Batch I: 29 - 31 Maret 2011

  • Batch II: 7 – 9 Juni 2011

  • Yogyakarta


 


Fascilities




  • Module / Handout

  • Sertifikat

  • Souvenir

  • Training Kit


 


Senin, 28 Maret 2011

Pelatihan & Sertifikasi Operator Boiler kelas 1 (kapasitas lebih besar dari 10 ton) - Sertifikasi Depnakertrans

Pelatihan & Sertifikasi Operator Boiler kelas 1 (kapasitas > 10 ton)


Pusat KK & Hiperkes (tentative), Jakarta |Jakarta,25 – 30 April 2011 s.d 02-03 Mei 2011| 08.00 – 17.00 | Rp 3.750.000,-



 

Tujuan & Manfaat


Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam teknik pengoperasian  pesawat uap secara aman, benar dan sesuai dengan peraturan perundangan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berlaku.




Materi Pelatihan




  1. Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

  2. Undang – Undang No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja

  3. Undang – Undang dan Peraturan Uap tahun 1930

  4. Permenaker No. 01/MEN/1988 tentang Kualifikasi dan Syarat – syarat Operator Pesawat Uap

  5. Dasar – Dasar K3

  6. Jenis Pesawat Uap dan Cara Kerjanya

  7. Cara Pengoperasian Pesawat Uap

  8. Fungsi Appendages/Perlengkapan Pesawat Uap

  9. Air pengisi ketel uap & cara pengolahannya

  10. Sebab – Sebab Peledakan Pesawat Uap

  11. Persiapan Pemeriksaan dan Pengujian Pesawat Uap

  12. Pengetahuan Instalasi listrik untuk Ketel Uap

  13. Pengetahuan bahan

  14. Peninjauan konstruksi pesawat uap

  15. Pemeriksaan secara  tidak merusak

  16. Perpindahan Panas

  17. Pengetahuan bahan bakar dan Pembakaran

  18. Analisa kecelakaan peledakan

  19. Cara Inspeksi dan Reparasi Pesawat Uap

  20. Praktek




Metode Penyajian


Ceramah, Diskusi, Simulasi dan Praktek lapangan yang akan disajikan instruktur dari Depnakertrans dan para profesional. Pelatihan dengan ujian teori dan praktek untuk mendapatkan Surat Ijin Operasi.




Persyaratan Peserta


Berpenidikan minimal SMA atau STM dan Peserta adalah calon operator pesawat uap yang belum memiliki SIO kelas I sesuai dengan Permenaker no. Per.01/Men/1988 tentang kualifikasi dan syarat – syarat operator pesawat uap atau peserta yang sudah mempunyai SIO kelas II dan ingin melanjutkan Operator Boiler kelas I




Tanggal & Tempat Pelatihan


Tanggal:

  • 25 – 30 April s.d 02-03 Mei 2011




Jam        :


08.00 – 17.00


 


Tempat :


Pusat KK & Hiperkes (tentative)
Jl. A Yani Kav 69 – 70, Cempaka Putih
Jakarta Pusat


 


Biaya Pelatihan




  • Rp 3.750.000,- (Tiga Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

  • Biaya tersebut sudah termasuk Fee Instruktur, Penggandaan Materi, Training Kit, 2X Coffee Break, Lunch, Sertifikat dan SIO dari Depnakertrans RI.

  • Biaya tidak termasuk pajak – pajak.






Standard operating procedure (SOP) IT

Standard operating procedure (SOP) IT
Carrcadin Hotel Bandung / Banana Inn Hotel and Spa Bandung |26 - 27 April 2011 | 08.30 – 16.30 | Rp 3.150.000,-
Carrcadin Hotel Bandung / Banana Inn Hotel and Spa Bandung |19- 20 May  2011 | 08.30 – 16.30 | Rp 3.150.000,-
Carrcadin Hotel Bandung / Banana Inn Hotel and Spa Bandung |21- 22 June   2011 | 08.30 – 16.30 | Rp 3.150.000,-
Carrcadin Hotel Bandung / Banana Inn Hotel and Spa Bandung |05-06 July  2011 | 08.30 – 16.30 | Rp 3.150.000,-

 


SOPs secara rinci memuat urutan proses pekerjaan yang teratur yang digunakan sebagai arahan yang harus diikuti oleh pelaksana pekerjaan di suatu perusahaan. Dokumen tersebut merupakan pedoman bagaimana aktivitas-aktivitas dilaksanakan dengan kinerja yang baik, sehingga sesuai dengan kebutuhan teknis dan kualitas.


SOP menggambarkan kegiatan-kegiatan yang terprogram dan mendasar, seperti proses analisis, proses untuk pemeliharaan, proses untuk kalibrasi, dan proses penggunaan peralatan.


SOP IT menggambarkan secara rinci tentang aktivitas-aktiitas IT di suatu perusahaan, dan mengarahkan perusahaan agar IT yang diimplementasikan dapat memenuhi kualitas IT yang sesuai dengan standar kualitas perusahaan.


Secara umum dapat dikatakan, tujuan perancangan SOP IT pada pendekatan ini adalah meningkatkan nilai tambah bagi implementasi di perusahaan dengan cara mengeliminasi semua kegiatan yang tidak bernilai tambah dan merampingkan kegiatan yang bernilai tambah.


Sistem perancangan ini dapat diringkas sebagai ESIA, yaitu : Mengeliminasi (Eliminate), Menyederhanakan (Simplify), Mengintegrasikan (Integrate), dan Mengotomasikan (Automate).


PURPOSE
Standard Operating Procedure (SOP) adalah suatu set instruksi yang tertulis untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan aktivitas perusahaan yang berulang dan rutin.


Pengembangan dan penggunaan SOP adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesuksesan dalam sistem kualitas termasuk kualitas implementasi IT di suatu perusahaan. SOP IT dibuat agar orang IT dapat melaksanakan pekerjaanyan secara benar, dan konsisten dalam menjaga kualitas dan integritas IT-nya.


 


WHO SHOULD ATTEND
Manager and staff of Information of Technology


 


TRAINING METHOD
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.




  1. 50% Theory

  2. 50% Practices

  3. Dynamic and interactive training presentation.


 


TRAINING SYLLABUS




  1. Hari Pertama :

    • SOP IT Process

      • SOP IT Preparation

      • SOP IT Review & Approval

      • Frequency of Revisions & Reviews

      • Checklist

      • Document control

      • SOP IT Document Tracking & Archival





  2. Hari Kedua :

    • SOP IT General Format

      • Tittle Page

      • Table of Contents

      • Text

      • SOP IT Example)






 


LEAD FACILITATOR


Ir. Asep Toto Kartaman. M.Eng.,


Seorang sarjana Teknik Industri yang memperluas keilmuan dalam bidang IT (Information Technology) , dengan menyelesaikan Program Master di Asian Institute of Technology (AIT) Thailand. Keahliannya dalam bidang IT terbukti pada pengalamannya sejak tahun 1989 sampai sekarang sebagai Staff Ahli System Analyst di berbagai konsultan pada Perusahaaan besar seperti PT. Gunanusa Utama Fabricator, PT. Pos Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia dan PT. Telekomunikasi Indonesia. Selain sebagai pembicara pada seminar di beberapa kota besar, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer) Bandung.


 


Date




  • 26 - 27 April 2011,                  08.30- 16.30

  • 19 - 20 May 2011,                  08.30- 16.30

  • 21 -22 June  2011,                  08.30- 16.30

  • 05 - 06 July  2011,                  08.30- 16.30


 

Venue


Carrcadin Hotel Bandung / Banana Inn Hotel and Spa Bandung


 


Investment :


April 2011

  • Rp 3.150.000,- /Person

  • Early Bird : Rp 2.950.000,- (Paid 4 days Before 26 April 2011)

  • Group Price : Rp 8.400.000,- (3 participants from the same company)


May 2011:

  • Rp 3.150.000,- /Person

  • Early Bird : Rp 2.950.000,- (Paid 4 days Before 19 May  2011)

  • Group Price : Rp 8.400.000,- (3 participants from the same company)


June 2011 :

  • Rp 3.150.000,- /Person

  • Early Bird : Rp 2.950.000,- (Paid 4 days Before 21 June 2011)

  • Group Price : Rp 8.400.000,- (3 participants from the same company)


July 2011  :

  • Rp 3.150.000,- /Person

  • Early Bird : Rp 2.950.000,- (Paid 4 days Before 5  July   2011)

  • Group Price : Rp 8.400.000,- (3 participants from the same company)


 


Electrical Maintenance In Industry

Electrical Maintenance In Industry
Hotel Amaroossa, Bandung |Oktober 31 – 04 November  2011 | 08.00 – 16.00 | Rp 6.000.000,-




Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang dasar-dasar kelistrikan dan pemeliharaan utilitas listrik di industry. Topik pelatihan ditekankan instalasi, trouble shooting dan pemeliharaan utilitas.





Course Contents

  • Basic Electricity

  • AC Voltage Generation

  • Properties of AC Circuits

  • Impedance

  • Voltage Drop

  • Power and power factor

  • Power Factor Correction

  • Three phase power system





Peserta Pelatihan

Pelatihan ini diberikan pada para tehnisi, operator maupun supervisor yang bekerja dibidang ketenagalistrikan di industri untuk mampu memahami secara komprehensif masalah ketenagalistrikan.





Tanggal & Tempat

Tanggal     :




  • Oktober 31 – 04 November  2011


Jam            : 08.00 – 16.00
Tempat     : Hotel Amaroossa Bandung
Jl. Aceh  No. 71A Bandung





Instruktur
Ir. Hasan Surya, MT




Biaya Pelatihan

  • Rp 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah).

  • sudah termasuk

    • Fee Instruktur,

    • Handout,

    • Training kit,

    • 2X Coffee Break,

    • Lunch

    • dan Sertifikat.




 


REFRACTORY AND HEAT INSULATION

REFRACTORY AND HEAT INSULATION
Hotel Golden Flower Bandung | 25 – 28 Juli 2011 | Rp 7.250.000/person
Hotel Golden Flower Bandung | 12 – 15 Desember 2011 | Rp 7.250.000/person



INTRODUCTION


Training ini ditujukan kepada peserta yang ingin memahami tentang refraktori dan material refraktori serta aplikasi pada heat insulation. Banyaknya radiasi panas dan adanya system suhu rendah pada banyak lokasi di industry membawa kita kepada perlunya pemahaman yang baik tentang teknologi untuk mengaturnya. Setelah training ini peserta bisa memahami teknologi yang berkaitan dengan refractori dan heat insulation dan bagaimana mengimplementasikannya di lapangan.


 



TRAINING MATERIAL OUTLINE/CAKUPAN MATERI TRAINING




  1. Introduksi perpindahan panas: konduksi, konveksi dan radiasi

  2. Perpindahan panas gabungan konduksi, konveksi dan radiasi

  3. Angka konduksi material

  4. Physical properties of heat insulating materials

  5. Physical properties of heat refractories materials

  6. Pengelompokkan (class) insulator

  7. Pemilihan insulator dan refraktori

  8. Pengaruh ketebalan insulator pada laju perpindahan panas

  9. Ketebalan kritis insulator

  10. Efek konduksi lingkungan pada penyekatan (insulasi) panas

  11. Dinding ruang bakar

  12. Insulator temperatur tinggi

  13. Insulator temperatur rendah (refrigerasi dan pengkondisian udara)

  14. Ekspansi  dan penyusutan termal

  15. Troubleshooting insulating materials and refractories

  16. Studi kasus dan diskusi


 


INSTRUCTOR


Ir. Pawito Merto Sontowiro, Msc adalah alumnus Teknik Mesin ITB dan sejak tahun 1973 menjadi dosen di jurusan tersebut sampai sekarang. Beliau adalah kepala Laboratorium Energi termal Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung, Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua jurusan Teknik Mesin ITENAS Bandung, Pernah mengajar di SESKOAD, Pernah mengajar di prokerma depnaker-ITB, prokerma PLN-ITB. Beliau juga pernah memperdalam keilmuan di luar negeri seperti Coal Energy Training, Argonne, Chicago, Ill., USA, Combustion Training, Petc, Pittsburgh, Pa, USA dan Pinch Technology, Asian-Australia Energy Cooperation. Bidang spesialisasi Beliau adalah Boiler, Turbin Uap/Gas, Pompa, Kompresor, Konversi Energi dan analisis energy. Pak Pawito Pernah mengerjakan projek pada bidang Modifikasi Sistem Pembakaran Lokomotip D-52, Modifikasi Sistem Penunjang Boiler, Analisis Sistem Boiler, dan lain-lain. Beliau adalah trainer produktif, pernah mengajar training  untuk banyak perusahaan di Indonesia diantaranya seperti Chevron Indonesia Company, Chevron pacific Indonesia, Total E&P Indonesie, PT. Pusri, PT. Pupuk Kaltim, PT. BADAK, Depnaker RI, PT. KKA Aceh, KDTP I Bontang, UP-IV PERTAMINA, Kalimantan Prima Coal (KPC), PLN, PT. PERTAMINA, DIKTI, BPPT, PT. Indonesia Power, Pertamina UP II, PT. Pupuk Kujang, PT. Petroleum Consolindo, PT. Indah Kiat Pulp and Paper, PT. Krakatau Steel, PLTU Paiton, PLTU Suralaya, PT. Kaltim Pasifik Amoniak, CNOOC  SES LTD, PLTGU  BEKASI POWER, PT. INDO FUJI ENGINEERING, PT. CONOCO PHILLIPS, dan lain-lain.  Pak Pawito juga aktif menulis buku seperti Perpindahan Kalor, Konversi Energi, Thermodinamika, Pembangkit Uap, Bahan Bakar Dan Pelumas, dan Pompa. Beliau telah melakukan banyak penelitian disertai publikasi ilmiahnya.


 


VENUE


Hotel Golden Flower Bandung


 


TRAINING DURATION


4 days


 


TRAINING TIME




  1. 25 – 28 Juli 2011

  2. 12 – 15 Desember 2011


 


INVESTATION PRICE/PERSON




  1. Rp 7.250.000/person (full fare)  or

  2. Rp 7.000.000/person (early bird, payment 1 week before training) or

  3. Rp 6.750.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)


 


FACILITIES FOR PARTICIPANTS




  1. Training Module

  2. Training CD Contains Training Material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. Jacket or Waistcoat or T-Shirt

  6. Bag or Backpackers

  7. Training Photo

  8. Training Room with Full AC Facilities and multimedia

  9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)


 


PELATIHAN & SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI AHLI K3 SPESIALIS PENANGGULANGAN KEBAKARAN (TINGKAT A) - Sertifikasi depnakertrans

PELATIHAN & SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI AHLI K3 SPESIALIS PENANGGULANGAN KEBAKARAN (TINGKAT A) (Sertifikasi depnakertrans)


Ref  KEP MENAKER NO KEP 186/MEN/1999
Hotel Harris Tebet, Jakarta|09 s.d 13  Mei  2011| 08.00 – 17.00 | Rp 6.000.000,-
Hotel Harris Tebet, Jakarta| 11  s.d 15  Juli 2011| 08.00 – 17.00 | Rp 6.000.000,-
Hotel Harris Tebet, Jakarta| 12  s.d 16  September 2011| 08.00 – 17.00 | Rp 6.000.000,-
Hotel Harris Tebet, Jakarta| 14  s.d 18  November  2011| 08.00 – 17.00 | Rp 6.000.000,-

 


Tujuan  Pelatihan


Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu :




  1. Menilai tingkat resiko & meminimalkan kerugian yang merupakan timbul

  2. Merancang sistem proteksi kebakaran

  3. Mengevaluasi konsep sistem proteksi kebakaran



Materi  Pelatihan


  1. Pengembangan Program Keselamatan & Kesehatan Kerja

  2. Penaksiran Resiko Kebakaran

  3. Perancangan Sistem Proteksi Kebakaran berdasarkan Basis Kinerja

  4. Model dan simulasi Kebakaran (visualisasi menggunakan komputer)

  5. Prinsip Analisa Biaya & Metode Penilaian Investasi pada Kebakaran

  6. Perlindungan terhadap Bahaya Peledakan

  7. Sistem Pengendalian Asap

  8. Konstruksi Bangunan yang berkaitan dengan Penanggulangan Kebakaran

  9. Dampak Lingkungan pada Penanggulangan Kebakaran

  10. Evaluasi Sistem Proteksi Kebakaran

  11. Uji Sifat Bakar Bahan Bangunan dan Uji Ketahanan Api Komponen Struktur Bangunan

  12. Audit Kebakaran Internal

  13. Praktek Perancangan Sistem Proteksi Kebakaran



Peserta  Pelatihan


Safety Manager/supervisor, Technical Manager, Building Manager, Fire/Safety Inspector, Fire Engineer, Risk Manager, dll





Persyaratan  Peserta

Peserta minimal D3



Sertifikasi

Sertifikasi Ahli Madya dari Depnakertrans RI dan Surat Penunjukkan Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran dari Menakertrans RI





Tanggal  & Tempat

  • Tanggal       :




  1. 09 s.d 13  Mei  2011

  2. 11  s.d 15  Juli 2011

  3. 12  s.d 16  September 2011

  4. 14  s.d 18  November  2011|




  • Jam              : 08.00 – 16.00

  • Tempat       : Hotel Harris Tebet , Jl. Dr. Sahardjo 191  Jakarta Selatan


 


Biaya  Pelatihan


Biaya untuk Pelatihan & Sertifikasi Kompetensi bagi Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran (Tingkat A) sebesar

  • Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) / peserta.

  • Biaya diatas sudah termasuk materi, training kit, alat tulis,CD Himpunan peraturan perundangan, Lencana Ahli K3, Lencana Penegak K3, sertifikat dari Depnakertrans,  SIO & Surat penunjukan dari Menakertrans RI sebagai Ahli K3 spesialis penanggulangan kebakaran, Makan siang dan 2X snack

  • Tidak termasuk pajak-pajak, penginapan, makan pagi, makan malam dan laundry.


 


BASIC RESERVOIR ENGINEERING FOR NON PETROLEUM ENGINEER

BASIC RESERVOIR ENGINEERING FOR NON PETROLEUM ENGINEER
Hotel Banana Inn Bandung | 12 – 15 September 2011| Rp 7.250.000/person



 


TRAINING OBJECTIVE :


Setelah menyelesaikan training ini diharapkan peserta dapat :




  1. Memengerti tentang proses terjadinya reservoir minyak dan gas bumi, dengan uraian sederhana tentang prospeksi geofisika dan eksplorasi geologi, termasuk analisis mekanisme yang terjadi di dalam reservoir minyak dan gas bumi.

  2. Memahami prinsip-prinsip dasar perhitungan reservoir minyak, gas dan pengembangan pelaksanaan optimisasi produksi  untuk meningkatkan kinerja produksi sumuran dan lapangan.

  3. Melakukan diagnosis sederhana dan memengerti pelaksanaan perhitungan cadangan serta peramalan kinerja reservoir minyak dan gas bumi.

  4. Membuat analisis sederhana terhadap data fluida dan batuan reservoir untuk perhitungan dan peramalan kinerja dan merencanakan pengembanganya. .

  5. Mempergunakan pengetahuan optimisasi untuk aplikasi dalam cara peningkatan perolehan reservoir minyak bumi, beserta dasar-dasar simulasinya.


 


PRE-REQUISITE :


Latar belakang  :  Operator, Senior Operator, Administration, Junior Engineering or Engineer Non Petroleum, dan siapa saja yang perlu untuk memahami basic reservoir engineering


 


CAKUPAN MATERI TRAINING :




  1. Introduction

    • Objectives

    • Units and Convertion Factor

    • Basic Definitions

    • Recovery Phases



  2. Rock Properties

    • Basic Rock Properties

    • Relative Permeability

    • Capillary Pressure



  3. Key Geologic Data

    • Reliable Geologic Models

    • Shale and Clay

    • Heterogeneity and Anisotropy

    • Natural Fracture



  4. Fluid Properties

    • Basic Fluid Properties

    • Reliability of Fluid Properties

    • Types of Oil and Gas Reservoir



  5. Reservoir Volumetric and Recovery Factors

    • Original Oil in Place

    • Definition of Recovery Factor

    • Mobility Ratio in Displacement



  6. Fluid Flow Concept in Oil and Gas Reservoirs

    • Natural of Reservoir Flow

    • Fluid Flow for Steady State System

    • Fluid Flow for Transient Flow

    • Addditional Equations in Reservoir Flow



  7. Some Applications of Fluid Flow Equations

    • Productivity Index

    • Well Test Analysis

    • Water Influx From Aquifers

    • Frontal Advance Theory



  8. Material Balance for Various Reservoir Types

    • Natural Drive Mechanism

    • Material Balance Equations for Oil and Gas Reservoirs



  9. Reservoir Performance in Primary Recovery

    • Performance Prediction Using Material Balance Equations

    • Performance Prediction from Decline Curve Analysis

    • Statistical Methods for Performance Predictions



  10. Reservoir Simulation

    • General Concept

    • Selecting Simulation Elements and Simulation Grids

    • Simulation Input Data

    • Elements of Simulation Study





INSTRUKTUR TRAINING


Dr.Ir. Sudjati Rachmat, DEA. and Team


Dr.Ir. Sudjati Rachmat, DEA. adalah dosen di jurusan perminyakan ITB sejak tahun 1979 sampai sekarang. Beliau alumnus dari ITB lulus tahun 1977, kemudian melanjutkan pendidikannya di Diplome d'Etude Approfondie Ecole Centrale de Lyon, UCB Lyon I, FRANCE. Dan pada tahun 1985 – 1987 beliau mengambil program Docteur en Mecanique de Fluide (Methode Numerique) Ecole Centrale de Lyon, UCB Lyon I, FRANCE.


Dr. Sudjati Rachmat sering menjadi instruktur dalam banyak pelatihan yang berkaitan dengan perminyakan untuk perusahaan di seluruh Indonesia, diantaranya seperti Pertamina, Chevron, Badak LNG, Total, Vico, Mobil Oil Indonesia, Ministery of Mining and Energy, Unocal Indonesia, Lemigas, IATMI-IWPL Migas, PPTM Migas, PT Caltex Pacific Indonesia, Gulf, Arco, dll.


Topik-topik training yang Beliau sampaikan diantaranya adalah production surface and down hole equipment, Basic Reservoir Engineering, Sucker Rod Pumping Theory and Practice, Production Logging Engineering, Nodal Analysis and Production Optimization, Well Test, Operation and Interpretation, Well Design, Completion and Workover, Numerical and Statistical Method for Petroleum Engineering Problems, Oil-Well Stimulation, Hydraulic Fracturing, Statistics for Petroleum Engineering, Reservoir Simulation for Enhanced Oil Recovery, Applied Reservoir Engineering and Reservoir Simulation, Aspects of Horizontal Well Technology, Geology and Geophysics Modeling, Advanced Programming on Numerical Analysis and Industrial Information System, Management Information System, Well Stimulation of Oil and Gas Reservoir, Horizontal Well Technology, Transportation of Oil and Gas, Sand Control Technology, dan lain-lain.


Beliau banyak melakukan penelitian di bidang MIGAS dan telah mempublikasikan dan menseminarkannya di forum dunia.


 


VENUE :


Hotel Banana Inn Bandung


 


TRAINING DURATION :


4 days


 


TRAINING TIME :




  • 12 - 15 September 2011


 


INVESTATION PRICE/PERSON :
1.    Rp 7.250.000/person (full fare)  or
2.    Rp 7.000.000/person (early bird, payment 1 week before training ) or
3.    Rp 6.750.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)


 


FACILITIES FOR PARTICIPANTS:




  1. Training Module

  2. Training CD Contains Training Material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. Jacket or Waistcoat or T-Shirt

  6. Bag or Backpackers

  7. Training Photo

  8. Training Room with Full AC Facilities and multimedia

  9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified  instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from venue of training(if minimal number of participants from one company is 4 persons)


 


TEKNIK PEMELIHARAAN KENDARAAN

TEKNIK PEMELIHARAAN KENDARAAN
(PREVENTIVE MAINTENANCE UNTUK KENDARAAN)

Hotel Jayakarta | 20 – 24 Juni 2011| Rp 7.500.000/peserta
Hotel Jayakarta | 19 – 23 September 2011| Rp 7.500.000/peserta



TUJUAN :


Setelah pelatihan peserta diharapkan dapat memahami teori dasar tentang mesin bensin & diesel kendaraan, dapat mengoperasikan, merawat, dan memecahkan masalah yang timbul pada kendaraan


 


CAKUPAN MATERI TRAINING :




  1. Dasar-dasar Motor Pembakaran dalam : Pendahuluan, penggolongan & pengertian Motor Pembakaran Dalam, prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar, macam-macam Motor Pembakaran Dalam, macam-macam konstruksi motor bakar torak, penggolongan motor bakar torak .

  2. Siklus Kerja 2 Tak (langkah) & 4 Tak (langkah) : pengertian, proses isap, kompresi, usaha/kerja, dan buang pada motor bensin dan diesel.

  3. Sistem Penyalaan : macam-macam sistem penyalaan, sistem pengapian baterai & magnet, macam-macam rangkaian silinder, urutan pengapian, macam-macam sistem pelumasan dan pendinginan.

  4. Definisi-definisi dasar : Volume silinder, volume motor, perbandingan kompresi, daya, momen torsi, efisiensi, faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya rasio kompresi.

  5. Prinsip Dasar mesin bensin & diesel kendaraan : Prinsip kerja, penggolongan motor diesel, Injeksi langsung & tak langsung, Super Charger & Turbo Charger.

  6. Perbedaan Motor Diesel & Bensin : proses kerja, perbedaan pembentukan campuran, perbedaan proses pembakaran, perbedaan momen putar, putaran, daya dan efisiensi.

  7. Sistem Bahan Bakar Motor Bensin & Diesel : Tangki bahan bakar, pompa transfer, advans saat penyemprotan,saringan, pompa injeksi, governor, injektor/ nosel, busi pemanas.

  8. Pompa Injeksi & Injektor : Jenis-jenis pompa injeksi & injektor, cara kerja, penyetelan pompa injeksi & injektor.

  9. Teknik Perawatan Dasar Kendaraan : Pengertian, operasi , pembongkaran & perakitan, strategi perawatan, perawatan komponen sistem bahan bakar Mesin Kendaraan.

  10. Perawatan Berkala Kendaraan: Harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, tahunan, dan engine overhaul.

  11. Mekanisme Governor : Prinsip kerja governor, penyetelan governor mekanik dan pneumatik

  12. Mesin kendaraan berbasis kontrol komputer ( electronic control unit ) : Fuel system, Air induction system, Electronic control module )

  13. Starting System & Charging System

  14. Pedoman menjalankan Genset : Bahan bakar, minyak pelumas, menjalankan mesin baru, pemeriksaan sebelum menyetart mesin, hal-hal yang harus diperhatikan setelah mesin dapat distart, mematikan mesin, menyetart mesin pada temperatur rendah ( dingin ), menjalankan mesin pada temperatur tinggi.

  15. Perawatan Berkala kendaraan : Pelumasan ( bak minyak pelumas, minyak pelumas dari pompa bahan bakar,governor pneumatis, governor mekanis, minyak saringan udara, starter), perawatan sistem pelumasan, perawatan sistem bahan bakar, perawatan sitem udara.

  16. Perawatan & Perbaikan Sistem Pendinginan : Radiator,tegangan tali kipas udara,termostat

  17. Perawatan & Perbaikan Sistem Listrik : alternator, motor starter, baterai

  18. Pengokohan Baut-baut utama : Baut kepala silinder, baut bantalan utama dan pangkal batang penggerak, baut lainnya.

  19. Kerusakan, Perbaikan,dan Troubleshooting kendaraan : Kebijakan mencari sumber kerusakan, mesin tidak dapat distart, mesin dapat distart tetapi tiba-tiba mati, mesin dapat distart tetapi tekanan minyak pelumas tidak naik, pada waktu mesin bekerja, tekanan minyak pelumas berkurang, daya mesin berkurang.

  20. Knocking (ketukan ) : kemungkinan penyebab kerusakan, dan cara mengatasi

  21. Gas buang terlalu tebal : kemungkinan penyebab kerusakan dan perbaikannya.

  22. Reparasi Besar ( Engine Overhaul ) : Jangka waktu reparasi besar, hal-hal yang perlu diperiksa ( kepala silinder, katup isap & buang, silinder, piston, cincin torak, bantalan utama poros engkol ).

  23. Monitoring Getaran  &  Pelumasan pada Genset


 


ALAT PERAGA YANG DIGUNAKAN :


Mobil Mazda, Mesin Toyota Kijang, Mesin Diesel Komatsu 180 HP, Alat Uji Injektor , Alat uji Pompa Injeksi, Vibrometer, Alat uji Pelumas & Pelumasan.


 


INSTRUKTUR TRAINING :


Ir. M. Munir Fahmi, Dipl.Eng.,MT. dan Tim ( Ketua Laboratorium Fluida, Thermal & Otomotif Politeknik Negeri Bandung  ( Politeknik ITB ))


Ir. M. Munir Fahmi, Dipl.ME, MT. got his master degree from Brawijaya University Malang majoring in Energy Conversion. He is till now becoming lecturer at mechanical engineering Poltek ITB (Polban) and he is head of laboratory of fluid, thermal and otomotive. He teachs frequently for industrial training class for Indonesian companies participants for some topics on mechanical engineering such as Mechanical Rotating Equipment, Operation & Trouble Shooting, Pumps, Primover: Operation, Maintenance & Troubleshooting, Genset, Operation, Maintenance & Trouble Shooting, lubrication, Preventive & Predictive Maintenance, Advance Maintenance Management, Reliability Maintenance Engineering, Operation, Maintenance & Trouble Shooting of Pump & Compressor and etc.


 


TEMPAT TRAINING :


Hotel Jayakarta, Bandung


 


DURASI TRAINING :


5 hari


 


WAKTU TRAINING :




  1. 20 – 24 Juni 2011

  2. 19 – 23 September 2011


 


HARGA INVESTASI/PESERTA :




  1. Rp 7.500.000/peserta (bayar penuh)  atau

  2. Rp 7.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training)  atau

  3. Rp 7.000.000/peserta ( untuk peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)


 


FASILITAS UNTUK PESERTA :




  1. Modul  Training

  2. CD Training berisi materi training

  3. Sertifikat

  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint

  5. Jaket atau Rompi atau T-Shirt

  6. Tas atau Ransel

  7. Foto Training

  8. Ruang Training dengan fasilitas full AC dan multimedia

  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak

  10. Instruktur yang qualified

  11. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan peserta ke hotel tempat training PP ( jika minimal jumlah peserta dari 1 perusahaan ada 4 orang)


 


LV AND MV GENERATOR (Operation, Protection and Maintanance)

LV AND MV GENERATOR (Operation, Protection and Maintanance)


Hotel Jayakarta, Bandung | 8 – 12 Agustus 2011 | Rp 7.250.000/person





OBJECTIVES:

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang aspek-aspek engineering dari LV and MV generator. Topik pelatihan ditekankan pada operasi dan pemeliharaan generator.







CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Generator construction

  2. Generator Principles

  3. Generator Characteristics

  4. Excitation system

  5. Generator Operation

  6. Abnormal conditions

  7. Generator protection

  8. Generator Maintenance








INSTRUCTOR : Ir. Hasan Surya, MT. and Team

Ir. Hasan Surya, MT. is graduated from Bandung Institute of Technology (ITB) for Bachelor and Master program at Electrical Engineering department. Since 1985 till now Ir. Hasan Surya is lecturer at electrical engineering Polytechnique ITB (POLBAN)  and he is a head of department at electrical engineering. Ir. Hasan Surya have delivered some training topics related to his major expertise for  many companies in Indonesia. Ir. Hasan Surya have been researching in electrical engineering and becoming speaker for some conference. Ir. Hasan Surya has also worked for some companies or institution so he has got much real experiences  and now he is ready to share his knowledge and experiences to industrial world throught training class.




VENUE

Hotel Jayakarta, Bandung




TRAINING DURATION

5 days






TRAINING TIME

  1. 8 – 12 Agustus 2011







INVESTATION PRICE/PERSON

  1. Rp 7.450.000/person (full fare)  or

  2. Rp 7.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or

  3. Rp 6.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)





FACILITIES FOR PARTICIPANTS

  1. Training Module

  2. Flash Disk contains training material

  3. Certificate

  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint

  5. T-Shirt

  6. Bag

  7. Training Photo

  8. Training room with Full AC facilities and multimedia

  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training

  10. Qualified Instructor

  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)